Istri Mensos Loemongga Haoemasan Menawan dengan Baju Kurung

Kompas.com - 17/08/2019, 18:17 WIB
Istri Menteri Sosial Loemongga Haoemasan, terlihat mengenakan baju kurung bernuansa merah karya perancang Didiet Maulana, di Komplek Istana Jakarta, Sabtu (17/8/2019).  DOKUMENTASI DIDIET MAULANAIstri Menteri Sosial Loemongga Haoemasan, terlihat mengenakan baju kurung bernuansa merah karya perancang Didiet Maulana, di Komplek Istana Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

KOMPAS.com - Dari sekian banyak tamu undangan yang memadati acara perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia di Komplek Istana Jakarta, Sabtu (17/8/2019), istri Menteri Sosial terlihat tampil menawan.

Loemongga HaoemasanDOKUMENTASI DIDIET MAULANA Loemongga Haoemasan
Loemongga Haoemasan, istri Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita itu terlihat mengenakan baju kurung bernuansa merah karya perancang Didiet Maulana.

Mantan model di era 90-an dan juga presenter sejumlah acara televisi itu terlihat cantik dengan baju kurung klasik, khas Minang.

Baca juga: Cantiknya Sri Mulyani, Berbalut Kebaya Merah di HUT ke-74 RI

Dalam penjelasannya kepada Kompas.com, Didiet menyebut pilihan gaya itu diambil karena Loemongga memiliki darah Minang.

" Baju kurung adalah baju bukaan belakang --bisa dengan zipper atau kancing), dan dipakai sebagai busana sehari hari dan adat untuk orang Minang," kata Didiet.

Didiet mengaku, merancang baju kurung membawanya kembali ke awal tahun 2011, ketika dia sedang melakukan riset tentang busana nasional Indonesia.

Desain baju kurung untuk Loemongga Haoemasan karya Didiet MaulanaDOKUMENTASI DIDIET MAULANA Desain baju kurung untuk Loemongga Haoemasan karya Didiet Maulana
"Saya berkenalan dengan salah satu seniman dan budayawan Uni Henny Adli, yang darinya saya banyak belajar tentang kain tenun dan songket Padang."

"(Termasuk) juga berbagai kelengkapan baju dan aksesorisnya," sambung Didiet.

Baca juga: Di Balik Rancangan Kebaya Hijau Nusantara Sri Mulyani

Tampilan perempuan Minang yang anggun dan berwibawa itulah yang kemudia dia tuangkan dalam rancangan untuk Loemongga.

Kreasi itu dipadu dengan songket berwarna baby pink yang dibuat di Padang, serta kalung antik Minang dan gelang sebagai aksesorisnya.

Sementara, kata Didiet, rias rambut pun dibuat klasik seperti perempuan Minang di era 60an

Lalu, bordir dibuat meriah khas budaya Minang nan menawan di atas bahan sutra.

Tak ketinggalan, Agus Gumiwang Kartasasmita mendampinginya dengan memakai busana Jawa Barat, dengan batik khas Sunda -daerah asalnya.  

 

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X