Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk 'All In One' Tak Selalu Efektif Bersihkan Wajah, Apa Alasannya?

Kompas.com - 26/09/2019, 16:11 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini ada banyak sekali produk perawatan kulit di pasaran, termasuk salah satunya produk pembersih wajah.

Orang-orang yang ingin praktis biasanya cenderung memilih pembersih wajah all in one agar tahap pembersihan wajah tak membutuhkan waktu lama.

Namun, pembersih wajah all in one ternyata tak selalu efektif dalam membersihkan wajah. Apa alasannya?

Dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK menjelaskan, pada prinsipnya hal yang perlu diperhatikan ketika memilih produk pembersih wajah adalah kondisi kulit dan tingkat ketebalan riasan wajah saat itu.

Dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK.KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK.

"Kalau makeup lagi tebal, otomatis harus pakai cleanser yang lebih baik baru ke sabun. Tapi kalau hanya pakai pelembap sama sunblock mungkin mau pakai all in one enggak masalah."

Demikian diungkapkan Kardiana seusai peluncuran Silcot Maximizer Cotton di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (26/9/2019).

Wajah dengan riasan lengkap menurutnya perlu dibersihkan dengan produk dengan kandungan minyak atau susu terlebih dahulu. Sebab, kandungan tersebut dinilai efektif dalam mengangkat riasan wajah yang kebanyakan merupakan produk berbasis minyak.

Karena berbasis minyak, maka riasan wajah yang tidak terangkat secara sempurna berpotensi menutup pori-pori kulit wajah.

"Sisa-sisa (riasan wajah) yang ketinggalan menutup pori-pori akhirnya jadi komedo lalu jerawat. Kotoran lama-lama menutup pori-pori akhirnya beruntusan," tuturnya.

Selain itu, perlukah kita menggunakan produk dengan kandungan tertentu?

Kardiana menjelaskan, hal terpenting yang perlu diperhatikan ketika mencari produk pembersih wajah adalah tekstur. Kandungan lainnya hanya merupakan manfaat tambahan. Misalnya, kandungan kamomil atau lidah buaya yang memberi efek menenangkan.

"Intinya sebelum tahapan sabun kita harus menggunakan pembersih wajah yang biasanya ada campuran sedikit oil based atau lebih creamy," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com