Kompas.com - 26/09/2019, 16:11 WIB
Ilustrasi membersihkan wajah Tinatin1Ilustrasi membersihkan wajah
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini ada banyak sekali produk perawatan kulit di pasaran, termasuk salah satunya produk pembersih wajah.

Orang-orang yang ingin praktis biasanya cenderung memilih pembersih wajah all in one agar tahap pembersihan wajah tak membutuhkan waktu lama.

Namun, pembersih wajah all in one ternyata tak selalu efektif dalam membersihkan wajah. Apa alasannya?

Dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK menjelaskan, pada prinsipnya hal yang perlu diperhatikan ketika memilih produk pembersih wajah adalah kondisi kulit dan tingkat ketebalan riasan wajah saat itu.

Dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK.KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK.

"Kalau makeup lagi tebal, otomatis harus pakai cleanser yang lebih baik baru ke sabun. Tapi kalau hanya pakai pelembap sama sunblock mungkin mau pakai all in one enggak masalah."

Demikian diungkapkan Kardiana seusai peluncuran Silcot Maximizer Cotton di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (26/9/2019).

Wajah dengan riasan lengkap menurutnya perlu dibersihkan dengan produk dengan kandungan minyak atau susu terlebih dahulu. Sebab, kandungan tersebut dinilai efektif dalam mengangkat riasan wajah yang kebanyakan merupakan produk berbasis minyak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena berbasis minyak, maka riasan wajah yang tidak terangkat secara sempurna berpotensi menutup pori-pori kulit wajah.

"Sisa-sisa (riasan wajah) yang ketinggalan menutup pori-pori akhirnya jadi komedo lalu jerawat. Kotoran lama-lama menutup pori-pori akhirnya beruntusan," tuturnya.

Selain itu, perlukah kita menggunakan produk dengan kandungan tertentu?

Kardiana menjelaskan, hal terpenting yang perlu diperhatikan ketika mencari produk pembersih wajah adalah tekstur. Kandungan lainnya hanya merupakan manfaat tambahan. Misalnya, kandungan kamomil atau lidah buaya yang memberi efek menenangkan.

"Intinya sebelum tahapan sabun kita harus menggunakan pembersih wajah yang biasanya ada campuran sedikit oil based atau lebih creamy," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.