Kompas.com - 02/10/2019, 17:00 WIB

 

KOMPAS.com – Serangan kram yang menimbulkan nyeri di kaki merupakan salah satu pengganggu tidur nyenyak. Separuh dari orang dewasa melaporkan pernah mengalaminya.

Rasa sakit yang intens akibat kontraksi otot di bagian betis, telapak, atau pun paha, ini bisa berlangsung beberapa detik hingga menit.

“Walau nyerinya cuma 10 detik, tapi rasanya seperti 20 tahun sampai sakitnya hilang,” kata terapis fisik Nicole Haas.

Kram di kaki tidak cuma terjadi ketika kita tidur, misalnya saja setelah kita berolahraga. Tapi, yang jadi fokus bahasan kali ini adalah kram yang menyerang di malam hari.

Hingga saat ini para ahli belum mengetahui secara pasti penyebab kram kaki. Walau begitu, ada sejumlah faktor yang bisa memicunya.

Selama ini para ahli menduga kram otot berkaitan dengan dehidrasi dan hilangnya elektrolit (yang menyebabkan ketidakseimbangan mineral seperti magnesium dan potasium).

Studi-studi terbaru menemukan bahwa pemicunya mungkin lebih disebabkan karena kelelahan otot dan disfungsi saraf.

“Kontraksi otot pemicu kram ini kemungkinan karena tembakan saraf yang tidak disenagaja secara berulang, bukan karena otot itu sendiri. Penyebab terseringnya adalah penggunaan otot berlebihan,” kata dokter bedah orthopedic Nabil Ebraheim.

Faktor lain yang juga bisa memicu kram kaki adalah terlalu lama duduk atau berdiri, sirkulasi darah yang buruk, gaya hidup kebanyakan duduk, olahraga tanpa pemanasan yang cukup, hingga obat-obatan tertentu.

Baca juga: Kaki Sering Kram? Hati-hati Tanda Penyakit Liver

Menyerang di malam hari

Halaman Selanjutnya
Halaman:



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.