Tips Menghemat Uang Setelah Gajian

Kompas.com - 03/10/2019, 12:29 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Setelah gaji turun, banyak orang berkeinginan memanjakan dirinya mulai dari membeli barang incaran, makan di restoran, hingga berlibur. Boleh saja menikmati hasil kerja keras kita, tapi jangan sampai di tengah bulan gaji sudah habis.

Gaji yang tidak bersisa sebelum akhir bulan biasanya bukan karena jumlah gaji yang tidak cukup, melainkan manajemen uang yang kurang baik.

Para analis finansial berargumen bahwa yang dibutuhkan adalah strategi menyimpan uang yang kita dapatkan setiap bulannya.

Pakar finansial, Ayo Bello mengatakan, banyak orang menginginkan pekerjaan dengan bayaran lebih layak agar bisa menabung dari gaji mereka. Padahal, yang perlu kita lakukan adalah mengubah persepsi.

Itu semua bergantung dengan bagaimana kita mampu mengelola pendapatan kita setiap bulannya dan seberapa disiplin kita mengatur bujet bulanan.

Nah, ada beberapa tips berhemat yang bisa kamu ikuti agar gaji tak menguap di pekan-pekan awal setelah gajian:

1. Menulis target

Setelah gaji masuk ke rekening, lebih baik menyusun target menabung untuk bulan itu. Dengan kata lain, niat apa yang kamu lakukan terhadap gajimu sama pentingnya dengan gaji itu sendiri.

2. Catat pengeluaran

Apapun yang terjadi, penting untuk mencatat setiap pengeluaran. Salah satu cara mudahnya adalah dengan sistem rating. Misalnya, jika kamu berencana menabung 40 persen dari total gaji bulananmu, beranilah untuk mengatakan dirimu gagal jika tidak berhasil menyisihkan uang sesuai dengan rencanamu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X