Kompas.com - 11/11/2019, 08:01 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com – Smoothies termasuk dalam minuman sehat dan mengenyangkan. Campuran dari buah, sayuran, serta yogurt atau susu ini memang belakangan ini populer di kalangan pecinta gaya hidup sehat.

Namun, mengandung buah dan sayuran bukan berarti kadar kalorinya rendah. Bahkan jus dan smoothie sayuran pun bisa menyebabkan kegemukan jika kita tidak berhati-hati.

Menurut ahli gizi Bonnie Taub-Dix, smoothie bisa menjadi alternatif sarapan yang sehat, asalkan mengandung nutrisi yang seimbang, termasuk protein, karbohidrat, dan lemak sehat.

“Berbeda dengan jus, smoothie tidak menghilangkan serat dari sayuran dan buah, sehingga bisa bikin perut lebih kenyang,” kata penulis buku Read It Before You Eat It- Taking You from Label to Table ini.

Konsumsi smoothie sayuran juga bisa menjadi alternatif mengasup vitamin dan serat bagi orang yang tidak suka sayur.

Walau demikian, menurut dia kategori “sehat” dari smoothie akan hilang jika kita menambahkan gula atau jus buah ke dalamnya.

“Pada awalnya setelah kita konsumsi kita merasa bersemangat karena gulanya tinggi, tapi setelahnya kita akan merasa lapar,” katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Menakar Kandungan Gizi dari Tren Rice Bowl

Untuk membuat smoothie lebih mengenyangkan dan mengurangi kandungan gula, para ahli diet menganjurkan untuk menambahkan 20-30 gram protein. Kita bisa menggunakan bubuk protein.

Perhatikan juga cairan yang kita masukkan sebagai campuran smoothie. Memilih jus buah kemasan tidak dianjurkan karena kandungan gulanya tinggi. Sebagai gantinya, pilih susu rendah lemak atau susu nabati sebagai alternatif.

“Jika ingin menambahkan buah, pilih yang kandungan gulanya rendah. Membuat smoothie yang bahan utamanya buah atau memakai jus buah akan membuat kita mengasup banyak gula dan kalori. Batasi buah yang dipakai,” kata Taub-Dix.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.