10 Negara dengan Kesetaraan Gender Terbaik

Kompas.com - 22/12/2019, 11:07 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Berbeda dari makna Hari Ibu di negara-negara Barat, Hari Ibu di Indonesia berangkat dari kesadaran politik perempuan tentang keindonesiaan dan buruknya nasib perempuan di bawah pemerintah kolonial Belanda.

Ketika kongres perempuan diadakan 91 tahun lalu, peserta kongres memperjuangkan nasib perempuan yang tertinggal dalam pendidikan, perkawinan anak, hingga kekerasan terhadap perempuan.

Kongres ini juga membahas dan memperjuangkan peran wanita bukan hanya sebagai istri.

Bicara tentang kesetaraan gender, posisi Indonesia di dunia ternyata belum terlalu baik. Menurut Global Gender Gap Index yang dikeluarkan oleh World Economic Forum, Indonesia berada di posisi 85 dari 153 negara yang diukur.

Global Gender Gap Index diurutkan dengan mengukur empat hal yaitu kesehatan, pendidikan, lapangan kerja, dan politik. Semakin kecil kesenjangannya, semakin tinggi posisinya.

Baca juga: Keuntungan Industri 4.0 bagi Perempuan Bekerja

Menurut pemeringkatan tersebut, Islandia berada di urutan pertama dalam negara dengan kesetaraan gender terbaik. Negara tersebut masih bertahan sebagai negara terbaik dalam 11 tahun berturut-turut.

Berikut adalah 10 negara dengan tingkat kesetaraan gender terbaik:

1. Islandia
2. Norwegia
3. Finlandia
4. Swedia
5. Nikaragua
6. Selandia Baru
7. Irlandia
8. Spanyol
9. Rwanda
10. Jerman

Secara umum, Eropa Barat memiliki tingkat kesenjangan paling kecil, diikuti dengan Amerika Utara, Amerika Latin dan Karibia, Eropa Timur, dan Asia Tengah.

Wilayah dengan tingkat kesenjangan yang masih buruk antara lain Asia-Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber CNN
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X