Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari 6 Topik Pembicaraan Ini Saat Kumpul Keluarga 

Kompas.com - 09/04/2024, 15:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Lebaran menjadi momentum untuk berkumpul dengan sanak saudara. Berkumpul bersama keluarga besar menjadi momentum yang dinantikan lantaran tidak terjadi setiap hari akibat kesibukan masing-masing. 

Namun demikian, suasana silaturahmi Lebaran kerap berubah menjadi tidak menyenangkan akibat topik pembicaraan yang kurang tepat. Topik pertanyaan tersebut juga dapat memicu ketegangan bagi sejumlah orang. 

Baca juga: Dapat Pertanyaan Nyebelin Saat Lebaran? Simak Cara Menjawabnya

Lantas, apa saja topik pembicaraan yang sebaiknya dihindari saat kumpul keluarga pada momentum Lebaran? Simak ulasannya berikut ini seperti dihimpun Kompas.com

1. Kapan menikah? 

Kapan menikah merupakan pertanyaan sensitif bagi sejumlah individu. Selain itu, pertanyaan tersebut bersifat privasi, sehingga sebaiknya dihindari saat acara kumpul keluarga pada momentum Lebaran.

Sayangnya, pertanyaan kapan menikah tersebut masih kerap kita dengar saat kumpul bersama keluarga besar. Lantas, bagaimana cara menjawabnya jika kamu masih single dan mendapat pertanyaan kapan menikah? 

Ratih Ibrahim, Psikolog Klinis dan Direktur Personal Growth, mengimbau untuk tetap tenang dan tidak terpancing emosi. Sebaiknya, cobahlah memaknai dan merespons pertanyaan tersebut secara positif, bahkan bisa lebih kreatif dengan menyelipkan humor. 

"Kamu bisa mengantisipasi siapa saja yang biasa memberikan pertanyaan aneh, nyebelin, dan bikin kesal," ujarnya dikutip dari Kompas.com, Senin (08/04/2023).

2. Kapan punya anak? 

Serupa, pertanyaan kapan punya juga juga bersifat sensitif dan menyentuh ranah pribadi seseorang. Jadi, sebaiknya hindari pertanyaan kapan punya anak. 

Namun, jika terlanjur mendapatkan pertanyaan tersebut, maka cobalah untuk menjawab secara diplomatis, normatif, tanpa terpancing emosi, seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (08/04/2023). 

3. Politik

Kontestasi politik di Indonesia masih menjadi topik pembicaraan panas. Oleh sebab itu, hindari membawa topik politik saat berkumpul bersama keluarga. 

Hal ini guna mengantisipasi perdebatan atau ketegangan yang muncul akibat perbedaan pandangan politik. 

Baca juga: Cara Menanggapi Pertanyaan Kapan Nikah Saat Lebaran, Jangan Baper!

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com