8 Langkah Cepat "Move On" dari Masa Lalu

Kompas.com - 09/02/2020, 20:00 WIB
. Thinkstockphotos.

KOMPAS.com - Melupakan kenangan masa lalu memang bukan hal yang mudah. Apalagi jika kenangan tersebut berhubungan dengan orang tercinta dan momen-momen membahagiakan.

Sulit melupakan kenangan masa lalu bahkan bisa membuat seseorang kehilangan semangat menjalani aktivitas sehari-hari, hingga sakit atau mungkin depresi.

Psikolog klinis dan konselor pernikahan, Randi Gunther, Ph.D, pernah menulis di laman Psychology Today tentang penyebab banyak orang sulit move on, terutama dari hubungan terdahulu.

Baca juga: Vanesha Prescilla Mengaku Gampang Move On dari Mantan

Proses move on biasanya lebih mudah bagi pasangan yang sepakat mengakhiri hubungan, namun tidak bagi mereka yang mengalami pemutusan sepihak, atau ditinggalkan orang tercinta.

Beberapa penyebabnya antara lain kekhawatiran tak mendapat pasangan baru yang sebaik mantannya, ketakutan akan kesendirian, dan kehilangan nilai diri karena sebelumnya bergantung pada pasangan.

Ada pula rasa takut gagal, hingga kenangan indah yang terus menghantui.

Data juga menunjukkan, banyak orang yang mengalami kesulitan dalam proses move on dari masa lalunya.

Mesin pencarian Google, misalnya, menemukan, di sepanjang 2019 move on menjadi salah satu kata kunci yang paling banyak dicari di Indonesia untuk kategori "Romance & Relationship".

Baca juga: Pura-Pura Move On Bantu Cepat Lupakan Mantan, Apa Sebabnya?

Sementara kata kunci kedua terbanyak adalah "melupakan mantan".

Dari kategori tersebut, kata kunci seputar "move on" cenderung lebih banyak dicari ketimbang kata kunci lainnya, seperti cara mendekati lawan jenis atau lainnya.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X