Saling Mendukung Sesama Ibu Lewat Aplikasi Parenting

Kompas.com - 13/02/2020, 08:53 WIB
Keterangan foto dari kiri ke kanan: Bunga Mega (Head of Community Orami), Ferry Tenka (CEO Orami), Hendrawan Kartika (President Orami) dan Cynthia Tenggara (Head of Parenting Orami). Devi Ari RamadhaniKeterangan foto dari kiri ke kanan: Bunga Mega (Head of Community Orami), Ferry Tenka (CEO Orami), Hendrawan Kartika (President Orami) dan Cynthia Tenggara (Head of Parenting Orami).


JAKARTA, KOMPAS.com – Keberadaan support system bagi seorang ibu sangat penting untuk membantu proses adaptasi dalam peran barunya mengasuh anak. Di era media sosial seperti sekarang, dukungan itu bisa kita dapatkan melalui aplikasi parenting.

Salah satu aplikasi parenting yang baru diluncurkan adalah Orami, yang lebih dulu eksis sebagai e-commerce produk ibu dan bayi.

Dijelaskan oleh Head of Parenting Orami, Cynthia Tenggara, Orami telah membentuk komunitas berupa forum ibu untuk menjalin koneksi sesama ibu sejak tahun 2018.

Kini, forum para ibu ini hadir dalam bentuk aplikasi yang berbasis komunitas dan diharapkan dapat menjadi salah satu support system para ibu.

“Seorang ibu butuh referensi yang dipercaya sekaligus kredibel untuk membantunya mengambil keputusan dalam pola asuh. Referensi itu bisa didapatkan dari aplikasi Orami Parenting, misalnya dengan diskusi sesama ibu, akses mudah ke para ahli, hingga artikel atau video yang terpercaya,” kata Cynthia dalam acara peluncuran di Jakarta (12/2).

Ia menjelaskan, di aplikasi ini para member bisa mengikuti kelas konsultasi gratis terkait isu parenting atau berdiskusi di grup diskusi sesama ibu untuk saling memberi saran.

Kehadiran aplikasi parenting, menurut Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden Gugus Muda, sangat membantu para ibu di masa sulit ketika awal-awal menjadi ibu.

“Kita perlu support system yaitu orang yang paling kita percaya ketika kita lagi drop, untuk saling menguatkan. Kalau ibu tidak dikuatkan akan jauh lebih depresi. Jadi support system sangat dibutuhkan untuk kesehatan mental seorang ibu,” kata Angkie dalam acara yang sama.

Menurut Head of Community Orami, Bunga Mega, pertumbuhan komunitas Orami sudah mencapai lebih dari 1000 persen dalam waktu singkat.

“Saat ini sudah ada puluhan ribu ibu yang menjadi anggota dan tersebar di 75 kota se-Indonesia. Mereka terbagi dalam beberapa grup, seperti Toddler Moms, Newborn moms, hingga Moms with Special Needs,” kata Bunga.

Dia menambahkan, komunitas dapat menjadi tempat untuk menciptakan hal-hal baik, terutama terkait pola asuh anak untuk membentuk institusi keluarga yang sehat dan kuat.

Aplikasi Orami Parenting dapat diunduh melalui Play Store dan App Store.

(Devi Ari Rahmadhani)

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X