Belajar dari Ashraf Sinclair, Usia Muda Juga Berisiko Serangan Jantung

Kompas.com - 18/02/2020, 08:40 WIB
Ilustrasi serangan jantung shutterstockIlustrasi serangan jantung

KOMPAS.com - Artis peran Ashraf Sinclair (40), meninggal dunia pagi ini, Selasa (18/2/2020). Suami BCL itu disebut meninggal karena serangan jantung.

Penyakit jantung, terutama serangan jantung, seringkali dikaitkan dengan orang-orang berusia lanjut. Padahal, kenyataannya tidak demikian.

Saat ini, angka orang-orang muda yang mengalami penyakit jantung semakin meningkat.

Seperti dikutip dari pemberitaan Kompas.com edisi 20 Maret 2018, berdasarkan Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan pada 2013, di Indonesia, penyakit jantung koroner mencapai angka 12,1 persen dari populasi.

Baca juga: Sering Diremehkan, 7 Hal Ini Bisa Jadi Gejala Penyakit Jantung

Penyakit ini semakin banyak diderita oleh kelompok usia muda, yakni 39 persen berusia kurang dari 44 tahun. Sebanyak 22 persen dari penderita jantung usia muda itu ada di kisaran 15–35 tahun.

Jantung memiliki beberapa jenis pembuluh, di antaranya yang paling penting adalah arteri koroner. Pada arteri ini terdapat sirkulasi darah kaya oksigen ke semua organ dalam tubuh, termasuk jantung.

Bila arteri ini tersumbat atau menyempit, aliran darah ke jantung bisa turun secara signifikan atau berhenti sama sekali. Hal ini bisa menyebabkan serangan jantung.

Baca juga: 4 Langkah Mencegah Serangan Jantung

Beberapa gejala yang muncul akibat serangan jantung seperti:

- Nyeri dada. Bagian ini biasanya terasa seperti ditekan atau diremas pada dada sebelah kiri.

- Tidak nyaman di bagian tubuh atas. Merasakan sakit pada salah satu atau kedua lengan, punggung, bahu, leher, rahang, atau bagian atas perut (di atas pusar). Rasa tidak nyaman tersebut berlangsung lebih dari beberapa menit atau hilang dan kembali lagi. Kadang disertai dengan rasa gelisah dan detak jantung cepat.

- Sesak napas. Biasanya jika ini terjadi maka tubuh akan mengeluarkan keringat dingin, kepala terasa pusing, dan tubuh terasa lemas.

- Gejala lain. Pada beberapa orang muncul gejala lainnya seperti batuk, mual, muntah sering terjadi pada wanita.

Hal serupa ditemukan dalam sebuah studi, seperti dilansir dari situs www.heart.org 

Studi yang dipresentasikan pada pertemuan Sesi Ilmiah Asosiasi Jantung Amerika di Chicago dan diterbitkan dalam jurnal Circulation AHA tersebut menyelidiki serangan jantung pada anak muda, satu kelompok yang sering diabaikan dalam penelitian kardiovaskular.

Baca juga: 8 Tanda Awal Serangan Jantung yang Penting Diketahui

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X