Mencuci Tangan Cegah Virus Corona, Berapa Lama Seharusnya?

Kompas.com - 16/03/2020, 09:04 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Ada begitu banyak hal di luar kendali selama pandemi virus corona terjadi. Kendati demikian, ada satu hal yang masih ada di dalam kontrol kita, yakni mencuci tangan.

Meskipun, ya, kita telah familiar dengan kegiatan mencuci tangan seumur hidup, namun ada kemungkinan kita masih melakukan kesalahan. Hal itu biasanya terjadi soal waktu mencuci yang kurang.

Baca juga: 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Tangan

Pada saat yang sama, kita pun harus melibatkan anak-anak di rumah untuk ikut menjaga diri selama berjangkitnya wabah virus corona

Rekomendasi umum yang muncul adalah menyabuni dan menggosok tangan setidaknya selama 20 detik.

Hal itu bisa dilakukan -misalnya, dengan mendendangkan lagu "selamat ulang tahun" sebanyak dua kali. Atau, lagu-lagu lain yang dikenal baik oleh anak-anak. 

Hal lainnya, adalah etika saat berolahraga di pusat kebugaran pun harus diikuti dengan lekat menyusul pandemi ini. 

Baca juga: Yuk, Latih Si Kecil Selalu Mencuci Tangan Usai dari Toilet

Ketika berada di ruang publik, kita juga harus mengambil tindakan pencegahan lain, seperti menggunakan keran otomatis dan handuk kertas, serta tidak menyentuh keran dengan tangan setelah mencuci.

Dengan mengikuti pedoman sederhana ini, kita tentu memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk tetap aman dan sehat.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X