Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/03/2020, 11:42 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belum redanya wabah Covid-19 memaksa semua aktivitas yang mengumpulkan banyak orang atau tempat publik ditutup. Termasuk pusat kebugaran, lapangan olahraga, serta kompetisi olahraga di seluruh dunia.

Produsen perlengkapan olahraga Nike pun menyebarkan pesan positif bagi para penggemarnya.

Pesan itu berbunyi: Tetaplah berada di dalam rumah. Jika kita pernah bermimpi bermain untuk jutaan orang di seluruh dunia, sekarang adalah kesempatan kita. Play inside, play for the world."

Itulah pesan Nike yang kantornya berbasis di Beaverton, dalam unggahan di saluran media sosialnya dengan logo Swoosh yang berbeda.

Krisis virus corona telah memaksa setiap brand untuk memikirkan ulang kampanye pemasaran mereka, karena gambar liburan influencer dan email "Fresh Spring Looks" tidak cocok bagi pelanggan saat ini.

"Lebih tepat bagi brand "menciptakan niat baik dan bergandengan tangan dengan konsumen" di tengah krisis", kata Marc Beckman, CEO dan pendiri agen periklanan DMA United, kepada Footwear News.

Baca juga: Nike Tutup Seluruh Tokonya di AS karena Virus Corona

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Now more than ever, we are one team.? #playinside #playfortheworld

A post shared by nike (@nike) on Mar 21, 2020 at 7:00am PDT

Selain mendesak masyarakat agar tetap di rumah, Nike telah membuat komitmen keuangan minggu lalu sebesar lebih dari 15 juta dollar AS atau sekitar Rp. 251,2 miliar untuk memerangi virus corona.

Phil Knight (co-founder dan ketua emeritus Nike), Mark Parker (mantan CEO dan ketua eksekutif dewan Nike), dan John Donahoe (presiden dan CEO baru Nike) menyumbang 10 juta dollar AS (senilai Rp. 167 miliar) di tiga organisasi.

Mereka menjanjikan 1 juta dollar AS untuk Oregon Food Bank, 2 juta dollar AS untuk Oregon Community Recovery Fund dan 7 juta dollar AS kepada Oregon Health and Science University.

Nike Foundation juga menyumbang 1 juta dollar AS untuk COVID-19 Solidarity Response Fund dan 1,1 juta dollar AS (Rp. 18 miliar) guna mendukung mitra komunitas di Eropa, Timur Tengah dan Afrika melalui King Baudouin Foundation.

Sumbangan Nike sebesar 1,4 juta dollar AS (diberikan kepada China Youth Development Fund pada bulan Januari demi membantu menyediakan para tenaga kesehatan peralatan dan pasokan untuk merawat pasien.

Nike masih menerima pesanan via online, walau brand tersebut untuk sementara waktu menutup seluruh tokonya di AS, Kanada, Australia, Selandia Baru, dan Eropa Barat.

Baca juga: Covid-19: Ujian Kesehatan, Kesadaran, dan Kewarasan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com