Terlalu Lama Isolasi Diri Bisa Berpengaruh pada Kemampuan Sosial Anak

Kompas.com - 06/04/2020, 16:43 WIB
Ilustrasi anak ShutterstockIlustrasi anak

KOMPAS.com - Gagasan menjaga jarak sosial atau social distancing jangka panjang menakutkan bagi semua orang, tetapi mungkin terutama bagi orangtua yang kini menjadi satu-satunya tempat bagi anak-anak mereka untuk berinteraksi sosial.

Bahkan, ketika kita bersiap untuk periode social distancing yang lebih lama, banyak orangtua mungkin bertanya-tanya bagaimana kondisi ini dapat memengaruhi kemampuan sosial anak-anak mereka.

Amy Learmonth, PhD, adalah seorang psikolog perkembangan yang telah mempelajari anak-anak selama 8 minggu, dan melihat bagaimana mereka berpikir dan bagaimana kemampuan mereka berubah dari waktu ke waktu.

Baca juga: Perlukah Anak Mengonsumsi Suplemen di Masa Pandemi?

Dia menjalankan Cognition, Memory, and Development Lab di William Paterson University of New Jersey dan juga presiden dari Eastern Psychological Association.

" Kemampuan sosial memiliki dampak penting di segala usia, tetapi untuk tujuan menjaga jarak sosial, anak-anak yang paling mungkin menderita adalah anak-anak dan remaja," kata Learmonth.

Dia mengatakan, kemampuan sosial awal dapat terjadi sebagian besar dalam keluarga, tetapi ketika anak-anak bertambah besar dan lebih mahir secara sosial, kelompok sebaya mereka menjadi pusat perkembangan sosial yang lebih penting.

“Anak-anak kecil belajar dasar-dasar menjadi makhluk sosial, dan orangtua serta saudara kandung mereka dapat memberikan sebagian besar input yang mereka butuhkan, sementara anak-anak yang lebih besar dan remaja sedang belajar untuk menavigasi kelompok sosial sebaya yang kompleks,” kata Learmonth.

Penulis Wendy Walsh, PhD, seorang psikolog yang berspesialisasi dalam keterikatan, setuju dengan Learmonth, ia juga menambahkan, bahwa bagi anak-anak yang berusia lebih muda, kondisi ini bisa meningkatkan kelekatan dengan orangtua.

"Untuk anak di bawah 5 tahun, ini mungkin sebenarnya bagus untuk mereka," jelasnya.

“Ibu dan ayah di rumah selama 24 jam, setiap hari. Sehingga kita akan menyadari bahwa kini ada banyak anak yang memiliki kedekatan yang sangat sehat,” katanya.

Baca juga: 4 Cara Menumbuhkan Rasa Empati pada Anak

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Healthline
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X