Mengenal Jenis Kurma Populer

Kompas.com - 05/05/2020, 17:38 WIB
Ilustrasi buka puasa dan sahur dengan kurma SHUTTERSTOCK/GORKEM DEMIRIlustrasi buka puasa dan sahur dengan kurma

KOMPAS.com – Kurma menjadi buah yang jadi favorit banyak orang saat waktu berbuka puasa tiba karena mengikuti cara Rasulullah. Ada beragam jenis kurma di pasaran, dari yang harganya mahal, sampai kurma yang diklaim mampu mencegah racun dan sihir.

Di pasar internasional, kurma jenis Ajwa, Medjool (Madhool), Deglet Noor, Sukkari, dan Khalas, adalah kurma yang tergolong mahal.

Kurma dipercaya sebagai salah satu makanan untuk nutrisi, mengandung protein yang tinggi, mineral, dan vitamin. Kurma juga mengandung antioksidan.

Kendati demikian, kandungan gula dalam kurma cukup tinggi sehingga dapat dengan cepat menaikkan kadar gula darah. Orang yang mengidap penyakit diabetes harus membatasi asupannya.

Baca juga: Kurma untuk Penderita Diabetes, Apakah Aman?

Kurma secara ilmiah dikenal sebagai Phoenix dactilifera atau date palm. Berikut adalah beberapa varian kurma yang populer:

Kurma AjwaDok. Carousell Kurma Ajwa

Kurma Ajwa
Kurma ini memiliki sejarah yang panjang. Ajwa juga disebut sebagai kurma yang paling pertama dibudidayakan oleh Nabi Muhammad SAW dan sejak itu telah dibudidayakan secara luas di Arab Saudi.??

Kurma ini juga dianggap paling memberikan manfaat kesehatan dan memiliki cita rasa yang lezat. Tekstur kurma ajwa lembut dan kering seperti halnya kurma Medjool, Barni, atau Mabroom.

Kurma yang disebut-sebut bisa menghalau tubuh dari racun dan sihir ini juga memiliki harga yang sangat mahal.

Baca juga: Resep Brownies Kurma, Mudah Dibuat untuk Hidangan Takjil

Kurma MedjoolAlbert Supargo Kurma Medjool

Kurma Medjool
Dari sekian banyak kurma yang beredar di Indonesia, kurma mejdool bisa jadi merupakan salah satu yang menjadi favorit.

Bentuk kurma yang satu ini terbilang besar dan bertekstur mirip bantal. Rasanya pun kuat dan manis seperti caramel.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X