Yuk, Pahami Cara Menstimulasi Kemampuan Motorik Dasar Bayi

Kompas.com - 22/05/2020, 06:36 WIB
Stimulasi motorik dasar bayi SHUTTERSTOCKStimulasi motorik dasar bayi
|

KOMPAS.comTumbuh kembang si kecil selalu bisa menjadi kejutan menakjubkan untuk para orangtua. Rasanya, baru kemarin si kecil bisa berguling, tiba-tiba hari ini sudah bisa merangkak. Dalam 5 tahun pertama, tumbuh kembangnya memang berjalan sangat pesat.

Nah, salah satu tugas Generasi Bersih dan Sehat (Genbest) sebagai orangtua adalah selalu memantau tumbuh kembang anak.

Caranya bisa melalui Kartu Menuju Sehat (KMS) atau memanfaatkan berbagai aplikasi tumbuh kembang anak yang sekarang banyak tersedia.

Salah satu yang perlu dipantau adalah keterampilan motorik si kecil, apakah sudah sesuai dengan usia perkembangannya atau belum. Bila memang belum, tak perlu langsung menyimpulkan anak menderita suatu penyakit atau terkena stunting.

Jangan lupa, setiap anak unik dan berbeda, termasuk dalam pencapaian keterampilan motoriknya. Mungkin saja anak hanya butuh sedikit stimulasi.

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh stimulasi untuk kemampuan motorik dasar bayi berdasarkan rentang usianya.

0-3 bulan: Berlatih tengkurap

Saat memasuki usia 3 bulan, tulang leher serta punggung bayi mulai menguat sehingga membuatnya bisa mengangkat kepala dan perut selama 10 detik.

Menurut riset yang dilakukan di New Michigan State University, pada usia ini cara menstimulasi kemampuan motorik dasar bayi yang tepat adalah melakukan tummy time.

Caranya, letakkan bayi pada posisi tengkurap selama 3-5 menit. Bila ia menolak, lakukan selama 1-2 menit saja, dan tingkatkan secara perlahan.

4-6 bulan: Belajar duduk

Bayi biasanya bisa duduk di usia 4 bulan atau paling lambat di usia 9 bulan. Untuk latihan duduk ini, GenBest tak perlu tergesa-gesa karena bayi harus dipastikan sudah dapat menahan lehernya, memiliki keseimbangan, dan memiliki otot-otot tubuh yang lebih kuat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber GenBest.id
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X