Kompas.com - 26/05/2020, 09:13 WIB
Pemberian imunisasi dasar anak sesuai jadwal tetap perlu diusahakan meski dalam kondisi pandemi. SHUTTERSTOCKPemberian imunisasi dasar anak sesuai jadwal tetap perlu diusahakan meski dalam kondisi pandemi.
|

KOMPAS.com – Guna melindungi si kecil dari berbagai penyakit berbahaya, seperti campak, rubella, atau hepatitis, imunisasi saat pandemi Covid-19 tetap harus diusahakan, terutama imunisasi dasar untuk bayi 0-18 bulan.

Merujuk pada Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), ada sejumlah imunisasi untuk anak yang harus diberikan sesuai jadwal, di antaranya vaksin polio, PVC, BCG, Polio 0, dan DPT+Hib+Hepatitis B1.

Imunisasi bagi anak bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh melalui pembentukan zat anti penyakit atau antibodi dengan kadar tertentu.

Akan tetapi, di luar imunisasi dasar tersebut, IDAI mengatakan, pemberiannya dapat ditunda.

Baca juga: Jadwal Imunisasi Anak Umur 0-18 Bulan

Apabila pemberian imunisasi terlambat dari jadwal, antibodi yang dimiliki anak untuk melawan jenis penyakit tersebut akan melemah. Akibatnya, si kecil lebih rentan terserang penyakit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Maka dari itu, sebagai orangtua Genbest (Generasi Bersih dan Sehat) tak perlu khawatir untuk melakukan imunisasi dasar anak, asal mengikuti pedoman berikut ini.

Pertama, gunakan masker saat hendak mengunjungi fasilitas kesehatan (faskes). Jika butuh ditemani, sebaiknya pengantar hanya satu orang.

Kedua, pastikan ruangan faskes (fasilitas kesehatan) cukup luas sehingga dapat melakukan social distancing (jaga jarak sekitar satu hingga dua meter dengan pengunjung lain). Hindari bergerombol dengan orang lain. 

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Ini Pentingnya Imunisasi Buat Anak

Ketiga, cuci tangan saat masuk dan keluar dari faskes. Biasanya, faskes menyediakan wastafel dan hand sanitizer.

Keempat, usai anak mendapat imunisasi, bawa ke ruang tunggu yang sudah disediakan. Tunggu sekitar 30 menit karena terkadang imunisasi dapat menimbulkan beberapa reaksi.

Apabila dalam 30 menit kondisi anak tetap baik, biasanya anak diperbolehkan pulang ke rumah. Terakhir, jangan lupa bersihkan diri begitu sampai di rumah.

Baca juga: Bolehkah Anak Hanya Diimunisasi yang Diwajibkan Pemerintah

Mulai sekarang, Genbest bisa mencari informasi lainnya mengenai seputar kesehatan bayi, remaja putri, ibu hamil, dan hal-hal yang berkaitan dengan pencegahan stunting lewat laman https://genbest.id/. Yuk sadar stunting dimulai dari diri sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Sumber GenBest.id
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.