Kompas.com - 25/07/2020, 15:34 WIB
Grigore Lup, pembuat sepatu asal Rumania mencipatkan sepatu berukuran 75 untuk membantu pemakainya menjaga jarak. via The IndependentGrigore Lup, pembuat sepatu asal Rumania mencipatkan sepatu berukuran 75 untuk membantu pemakainya menjaga jarak.

KOMPAS.com - Sepatu yang kita pakai sehari-hari umumnya berfungsi untuk melindungi kaki, serta memaksimalkan gaya kita.

Kini di masa pandemi, sepatu rupanya juga dapat menjadi sarana untuk memudahkan kita menjaga jarak dari orang lain.

Seorang pembuat sepatu di Rumania telah menciptakan sepatu kulit berukuran 75. Sepatu ini adalah alternatif bagi orang untuk mempraktikkan jarak sosial, karena sebagian besar orang tidak mengikuti anjuran kesehatan di tengah pandemi.

Baca juga: Sepatu Terbaik dan Terburuk untuk Kaki Kita, Menurut Studi

Tukang sepatu bernama Grigore Lup dari kota Transylvania Cluj, Rumania, sudah mengerjakan pembuatan sepatu kulit selama 39 tahun.

Di saat pandemi melanda, toko milik Lup sangat bergantung pada pesanan khusus dari teater dan gedung opera serta tarian rakyat tradisional Rumania, demikian dilansir Reuters.

Namun menurut Lup, ketika pembatasan dilonggarkan di seluruh Eropa, ia menyadari orang-orang tidak menganggap serius social distancing.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena itu, ia hadir dengan ide sepatu berukuran raksasa sebagai solusi bagi orang-orang untuk menjaga jarak.

"Kita bisa melihatnya di jalanan, orang tidak menghargai aturan jarak sosial," kata Lup kepada Reuters,

"Saya pergi ke pasar membeli bibit untuk kebun saya. Tidak banyak orang di sana, tetapi mereka terus mendekat."

"Jika dua orang yang memakai sepatu ini saling berhadapan, ada jarak hampir satu setengah meter di antara mereka."

Baca juga: Dennis Rodman Terima Sepatu Spesial dari Virgil Abloh, Apa Saja?

Sepatu tersebut diadaptasi dari model yang ia buat sebelumnya untuk para aktor dengan ukuran EU 75 dan memerlukan bahan kulit hampir satu meter persegi.

Sejak saat itu Lup menerima lima pesanan untuk sepatu tersebut dengan harga 115 dollar AS atau setara Rp 1,6 juta. Dalam pembuatannya, ia membutuhkan waktu dua hari untuk membuat lima sepatu.

Di media sosial, sepatu unik itu menjadi perbincangan dan banyak orang membandingkannya dengan flippers atau sepatu selam.

"Ini brilian dan tidak masuk akal," demikian tweet salah satu pengguna Twitter, sementara yang lain menyebutnya "tampak seperti sepatu selam."

Baca juga: Converse Jepang Rilis Seri Sepatu Outdoor, Camping Supply



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X