Puma Hadirkan Bantalan Baru, Bukan dari Plastik, melainkan dari Busa

Kompas.com - 05/08/2020, 10:58 WIB
Puma Calibrate Runner dengan bantalan Xetic jonathan lizPuma Calibrate Runner dengan bantalan Xetic
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Brand asal Jerman, Puma, menghadirkan bantalan baru yang dinamai Xetic, sebagai bagian dari kolaborasi penelitian yang disponsori MIT Design Lab.

Teknologi bantalan ini menggabungkan sistem bantalan mekanis dan busa agar memberikan kenyamanan lebih pada sepatu, dan diperkenalkan pertama kali di sneaker terbaru yang disebut Calibrate Runner.

Teknologi Xetic yang terlihat futuristik ini bukan terbuat dari plastik, melainkan busa. Xetic sendiri mengambil namanya dari "auxetic materials" atau bahan bantu dan struktur yang berperilaku dengan cara tertentu ketika mengalami tekanan mekanis seperti kompresi.

"Departemen inovasi Puma bekerja sama dengan MIT Design Lab karena kami membutuhkan kemampuan para ahli teknik," ujar Romain Girard, Senior Head of Innovation Puma.

"MIT memiliki kemampuan untuk melakukan simulasi komputer, yang memungkinkan kami untuk melihat perilaku material dan menemukan struktur yang optimal untuk bantalan."

Puma Calibrate Runner dengan bantalan XeticPuma Puma Calibrate Runner dengan bantalan Xetic
Puma dan MIT Design Lab juga bekerja dengan berbagai komunitas pelari untuk menganalisis gaya lari individu, seperti titik-titik tekanan, dan mengambil data tersebut untuk mengembangkan struktur berbentuk khusus yang memungkinkan bantalan
progresif.

Hasilnya adalah struktur berbentuk seperti angka horizontal 8, yang merupakan karakteristik khas untuk Xetic.

Dengan teknologi Xetic, sepatu Calibrate Runner derancang agar memiliki tampilan yang futuristic, yang menarik bagi kolektor streetwear, dan juga memberikan bantalan yang nyaman.

PUMA Calibrate Runner yang dilengkapi dengan teknologi Xetic akan segera tersedia di toko-toko Puma Indonesia dalam waktu dekat.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X