Kompas.com - 11/08/2020, 21:41 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Sebagian orang telah diharuskan kembali bekerja di kantor, tapi sebagian lainnya tetap ‘terjebak’ di rumah demi mencegah penyebaran virus corona.

Melakukan semua aktivitas di rumah tanpa pergi ke manapun membuat kita mengandalkan celana karet dan kaus usang. Bahkan, sebagian orang merasa tak perlu berganti baju dan mencuci baju setiap hari.

Tapi sebenarnya, seberapa sering kita harus mencuci baju selama masa pandemi ini?

“Itu semua tergantung pada jarak sosial yang kamu terapkan dan seberapa banyak berinteraksi dengan dunia luar,” kata dokter spesialis kulit Alok Vij, MD dari Cleveland Clinic.

Baca juga: Mencuci Masker Kain Tak Boleh Sembarangan, Begini Caranya

“Saat kamu berada di tempat umum, kamu harus berasumsi bahwa seseorang di sekitarmu mengidap virus corona. Dan kamu tentu harus berhati-hati untuk tidak membawa virus tersebut masuk ke dalam rumah. "

Setelah bepergian, segera buka baju dan mencucinya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Banyak dari kita yang tak bisa menghindari tempat publik, salah satunya karena alasan pekerjaan. Karena itu, Dr. Vij menegaskan pentingnya selalu menjaga kebersihan, sejak masuk ke dalam mobil sampai tiba di rumah, untuk menghentikan penyebaran virus corona.

Dia merekomendasikan untuk menyimpan pembersih tangan di tas dan di mobil, sehingga kamu dapat selalu membersihkan tangan setelah dari tempat umum.

Dan begitu kembali ke rumah, pastikan untuk segera melepaskan pakaian luar, terutama jika kamu berada di dekat seseorang yang sedang bersin atau batuk.

“Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan, bahwa virus corona dapat hidup selama 10-12 jam di permukaan logam, tetapi di atas kertas, sekitar 90% virus mati dalam waktu satu jam,” jelas Dr. Vij.

Karena kain memiliki pori-pori seperti kertas, maka virus corona tidak dapat hidup dalam waktu lama di pakaian.

Tapi, ini bukan berarti kamu bisa menganggapnya aman dan meninggalkan pakaian kotor sembarangan atau bahkan memakainya di tempat tidur setelah bepergian.

“Kita masih mempelajari banyak hal baru tentang virus corona setiap hari,” dr. Vij

Sehingga, menurutnya akan lebih baik jika kita melakukan langkah teraman, dengan segera melepaskan pakaian dan memasukkannya ke mesin cuci.

Baca juga: Bisakah Kita Mencuci dan Memakai Kembali Sarung Tangan?

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.