Bisakah Kita Mencuci dan Memakai Kembali Sarung Tangan?

Kompas.com - 10/04/2020, 17:57 WIB
. SHUTTERSTOCK.

 

KOMPAS.com - Karena virus corona dapat menyebar melalui permukaan yang terkontaminasi, beberapa orang mengambil langkah ekstra dengan memakai sarung tangan untuk perlindungan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menganjurkan orang-orang menggunakan sarung tangan sambil mendisinfeksi permukaan yang sering disentuh di rumah mereka dan membuang sarung tangan setelah pembersihan.

Jika kita menggunakan sarung tangan yang dapat dipakai kembali untuk membersihkan rumah dari virus corona, CDC mengingatkan agar kita hanya memakai sarung tangan untuk tujuan tersebut.

Baca juga: Pakai Sarung Tangan Justru Tambah Risiko Infeksi Virus Corona, Kenapa?

Tetapi bagaimana jika kita berada di luar rumah dan ingin menggunakan kembali sarung tangan untuk berbelanja atau keperluan lainnya?

Tidak memerlukan sarung tangan sama sekali

Ahli kesehatan tidak menganjurkan kita memakai sarung tangan di luar, karena sarung tangan memberikan keamanan semu kepada pemakainya, sehingga mereka tidak perlu mencuci tangan.

World Health Organization (WHO) tidak yakin, memakai sarung tangan di luar efektif mencegah infeksi virus corona.

" Mencuci tangan kita secara teratur menawarkan perlindungan lebih terhadap penyebaran Covid-19 daripada memakai sarung tangan karet," demikian keterangan WHO di unggahan Facebook.

Sulit menggunakan sarung tangan tanpa terkontaminasi

Baik sarung tangan lateks maupun medis dirancang untuk sekali pakai, kata Lucy Wilson, ketua departemen pelayanan kesehatan darurat di University of Maryland Baltimore Country.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X