Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bisakah Kita Mencuci dan Memakai Kembali Sarung Tangan?

KOMPAS.com - Karena virus corona dapat menyebar melalui permukaan yang terkontaminasi, beberapa orang mengambil langkah ekstra dengan memakai sarung tangan untuk perlindungan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menganjurkan orang-orang menggunakan sarung tangan sambil mendisinfeksi permukaan yang sering disentuh di rumah mereka dan membuang sarung tangan setelah pembersihan.

Jika kita menggunakan sarung tangan yang dapat dipakai kembali untuk membersihkan rumah dari virus corona, CDC mengingatkan agar kita hanya memakai sarung tangan untuk tujuan tersebut.

Tetapi bagaimana jika kita berada di luar rumah dan ingin menggunakan kembali sarung tangan untuk berbelanja atau keperluan lainnya?

Tidak memerlukan sarung tangan sama sekali

Ahli kesehatan tidak menganjurkan kita memakai sarung tangan di luar, karena sarung tangan memberikan keamanan semu kepada pemakainya, sehingga mereka tidak perlu mencuci tangan.

World Health Organization (WHO) tidak yakin, memakai sarung tangan di luar efektif mencegah infeksi virus corona.

"Mencuci tangan kita secara teratur menawarkan perlindungan lebih terhadap penyebaran Covid-19 daripada memakai sarung tangan karet," demikian keterangan WHO di unggahan Facebook.

Sulit menggunakan sarung tangan tanpa terkontaminasi

Baik sarung tangan lateks maupun medis dirancang untuk sekali pakai, kata Lucy Wilson, ketua departemen pelayanan kesehatan darurat di University of Maryland Baltimore Country.

"Salah satu alasannya, karena melepas sarung tangan adalah sulit, dan kita dapat mengotori tangan dan sarung tangan saat melepasnya," kata Wilson.

Melepas sarung tangan yang benar harus dengan cara dibalik, dan ini sulit dilakukan tanpa mencemari bagian lain pada sarung tangan.

"Setelah berada dalam posisi terbalik, jika kita akan memakainya kembali, kita harus mencari cara untuk mengembalikannya seperti biasa tanpa mencemarinya," katanya.

Mencuci sarung tangan sekali pakai menimbulkan risiko

Setelah kita memakai sarung tangan untuk menyentuh permukaan yang terkontaminasi, membersihkannya untuk dipakai kembali menimbulkan risiko.

Sarung tangan medis bukan "penghalang" yang tidak bisa dihancurkan. Occupational Safety and Health Administration menyebut, hand losion yang dioleskan di tangan akan merusak material sarung tangan.

"Sarung tangan sekali pakai tidak dirancang untuk pemakaian jangka panjang," kata Kelly Reynolds, direktur lingkungan, ilmu pemaparan dan pusat penilaian risiko di University of Arizona.

"Menggunakan kembali sarung tangan sekali pakai dapat meningkatkan risiko terpapar virus karena berisiko terjadi kerusakan pada sarung tangan."

"Mencuci sarung tangan dapat mengganggu kemampuan sarung tangan dalam memberi perlindungan dan itu tidak direkomendasikan."

Lebih mudah menjaga kebersihan tangan daripada sarung tangan

Jika kita berpikir untuk membersihkan sarung tangan dan digunakan kembali, ketahuilah bahwa tangan lebih mudah dibersihkan dan dirawat daripada sarung tangan.

"Sebutlah kita menyentuh permukaan yang terkontaminasi, meskipun secara statistik itu lebih kecil kemungkinannya di luar pengaturan perawatan kesehatan," kata Thomas Russo, kepala divisi penyakit menular di University of Buffalo.

"Rahasianya adalah menghilangkan kontaminasi pada tangan atau sarung tangan kita. Masalahnya, sarung tangan jauh lebih sulit untuk didekontaminasi."

Russo mengatakan, sarung tangan karet lateks dapat mudah sobek dan pecah saat dibersihkan dan dipakai berulang kali, tetapi tangan kita dapat bertahan dengan pembersihan rutin semacam ini.

"Tangan kita benar-benar mudah dirawat dengan kebersihan yang baik," katanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/10/175725320/bisakah-kita-mencuci-dan-memakai-kembali-sarung-tangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke