Kompas.com - 14/08/2020, 15:16 WIB
Presiden Joko Widodo bersiap menyampaikan pidato dalam rangka penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan pidato dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI pada sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Kepala Negara memilih menggunakan pakaian adat Sabu, Nusa Tenggara Timur, pada sidang tahunan yang digelar di tengah pandemi Covid-19 kali ini. ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAYPresiden Joko Widodo bersiap menyampaikan pidato dalam rangka penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan pidato dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI pada sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Kepala Negara memilih menggunakan pakaian adat Sabu, Nusa Tenggara Timur, pada sidang tahunan yang digelar di tengah pandemi Covid-19 kali ini.

KOMPAS.com — Selama menjabat, Presiden Joko Widodo dikenal kerap menggunakan baju adat daerah tertentu saat menghadiri acara-acara kenegaraan.

Baju-baju adat yang dikenakan Jokowi pun langsung menjadi pembicaraan hangat oleh masyarakat karena keunikannya.

Seperti hari ini, Jumat (14/8/2020), saat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2020 dan Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI yang digelar dalam Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Jokowi memilih menggunakan baju adat Suku Sabu, Nusa Tenggara Timur.

Selain baju adat Suku Sabu, berikut adalah deretan baju adat yang digunakan Jokowi:

1. Baju adat Bugis

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat hadir dalam sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Tahun 2017di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2017).KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat hadir dalam sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Tahun 2017di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2017).
Dalam sidang tahunan MPR tahun 2017, Jokowi menggunakan pakaian adat Bugis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia memakai songkok Bugis berwarna emas dan sarung songket bernuansa oranye dan merah marun.

Menariknya, dalam acara itu Wakil Presiden RI saat itu, Jusuf Kalla, yang merupakan orang Bugis justru mengenakan pakaian adat Jawa.

2. Baju adat Aceh

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersiap mengikuti upacara, Istana Merdeka, Jumat 17 Agustus 2018 pukul 09.35.Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersiap mengikuti upacara, Istana Merdeka, Jumat 17 Agustus 2018 pukul 09.35.
Dalam upacara Kemerdekaan RI yang ke-73 di Istana Negara tahun 2018, Joko Widodo menggunakan baju adat Aceh.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
LOVE-LIFE-AND-SEX-EDUCATION
Curhat 2 Cewek Indonesia yang Puasa di Luar Negeri. Ternyata Jerman, Malaysia, dan Indonesia Beda Banget!
Curhat 2 Cewek Indonesia yang Puasa...
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.