Salin Artikel

Sederet Baju Adat Jokowi yang Menyita Perhatian

KOMPAS.com — Selama menjabat, Presiden Joko Widodo dikenal kerap menggunakan baju adat daerah tertentu saat menghadiri acara-acara kenegaraan.

Baju-baju adat yang dikenakan Jokowi pun langsung menjadi pembicaraan hangat oleh masyarakat karena keunikannya.

Seperti hari ini, Jumat (14/8/2020), saat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2020 dan Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI yang digelar dalam Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Jokowi memilih menggunakan baju adat Suku Sabu, Nusa Tenggara Timur.

Selain baju adat Suku Sabu, berikut adalah deretan baju adat yang digunakan Jokowi:

1. Baju adat Bugis

Dia memakai songkok Bugis berwarna emas dan sarung songket bernuansa oranye dan merah marun.

Menariknya, dalam acara itu Wakil Presiden RI saat itu, Jusuf Kalla, yang merupakan orang Bugis justru mengenakan pakaian adat Jawa.

2. Baju adat Aceh

Sementara ibu negara, Iriana Joko Widodo memilih mengenakan baju adat Minangkabau, Sumatera Barat.

Baju adat Aceh yang dipakai Jokowi terdiri dari penutup kepala yang disebut kupiah meukeutop yang terbuat dari kain tetron berwarna merah, hijau, kuning, dan hitam.

Untuk atasan pakaian ini yang biasa disebut bajee, Jokowi memilih baju berwarna hitam berlengan panjang yang dilengkapi dengan hiasan sulaman kasab di ujung lengan.

Di bagian bahu kanan diletakkan boh ru bungkoh, hiasan berupa bungkusan, yang ujungnya terdapat boh ru.

3. Pakaian adat Sasak

Pakaian adat Sasak yang dikenakan Jokowi berwarna coklat dengan bawahan kombinasi hitam, emas, dan oranye. Keris tampak terpasang di bagian depan pakaian.

Datu Siledendeng Lombok H Lalu Muh Patria menjelaskan, tata busana yang dipakai Jokowi adalah busana seorang pemimpin atau dalam bahasa Lombok disebut Datu atau Raja.

"Kelengkapan busana adat Sasak yang digunakan Presiden Jokowi sebagai Pemban Prabu Suriya Alam," kata Patria.

Dewan Majelis Agung Raja Sultan Indonesia ini mengatakan, mahkota yang dipakai oleh Jokowi disebut "asapuk".

Sementara itu, bawahan songket yang dikenakan Jokowi bermotif Subahnale.

4. Baju adat Klungkung, Bali

Baju adat Klungkung yang dikenakan Jokowi bermotif hitam, dipadu dengan kain batik sebagai bawahan serta tutup kepala.

Saat keluar dari Istana, Jokowi menggandeng cucunya Jan Ethes Sri Narendra. Putra sulung Jokowi yang juga ayah Jan Ethes, Gibran Rakabuming, turut ikut serta.

Jan Ethes mengenakan baju adat berwarna emas, lengkap dengan tutup kepalanya. Sementara Gibran mengenakan baju putih yang juga dipadu kain batik dan penutup kepala.

5. Baju Adat Batak Toba

Saat membuka Karnaval Kemerdekaan Pesona Toba (21/8/2016), misalnya, Jokowi memakai baju Adat Batak Toba berwarna hitam. Dalam acara itu, Jokowi melepas rombongan karnaval yang ditandai dengan pemukulan Gondang Telu sebanyak tujuh kali.

Jokowi juga mengikuti karnaval dari titik awal karnaval di Soposurung, Balige, dengan menaiki mobil hias bersama Ibu Negara dan para menteri.

Tak hanya sekali itu, di acara puncak perayaan Natal Nasional (29/12/2018) yang berlangsung di Deli Serdang pun Jokowi juga memakai pakaian adat Batak Toba.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/14/151636220/sederet-baju-adat-jokowi-yang-menyita-perhatian

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.