Tips Aman Penggunaan Minyak Esensial untuk Bayi

Kompas.com - 17/09/2020, 16:52 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Minyak esensial ( essential oil) semakin populer di kalangan para ibu untuk mengatasi gangguan kesehatan pada buah hatinya. Misalnya saja untuk mengatasi susah tidur, hidung tersumbat, hingga batuk dan pilek.

Walau minyak esensial diklaim ampuh meredakan berbagai keluhan, tetapi penting untuk mengetahui penggunaannya secara aman pada bayi.

Minyak esensial merupakan minyak yang dibuat dengan sari tanaman yang melalui proses distilasi, cold pressed, ataupun absolute extraction. Bagian tanaman yang dipakai bisa berupa daun, bunga, akar, hingga bijinya.

Karena di pasaran banyak “minyak esensial” yang terbuat dari parfum sintetik, sebagai konsumen kita harus jeli dan memahami kandungan dalam produk yang kita beli. Apalagi produk ini tidak diregulasi seperti obat.

Trulife by Tupperware essential oilDok Tupperware Trulife by Tupperware essential oil
Ada beberapa tips pemakaian minyak ini pada bayi, namun yang utama adalah jangan menggunakannya pada bayi berusia di bawah tiga bulan.

“Penelitian menyarankan pemakaiannya pada bayi di atas tiga bulan, tapi ada juga yang bilang usia enam bulan baru boleh dipakai,” kata dokter Reinita Arlin dalam acara peluncuran essential oil Trulife by Tupperware Essential Oil secara virtual (15/9/2020).

Baca juga: Beragam Cara Memakai Essential Oil

Karena kulit bayi masih sensitif, sebaiknya dioleskan sedikit di bagian bawah lengan dan dibiarkan selama sehari untuk mengetahui apakah ada reaksi alergi atau tidak.

Agar lebih aman, Reinita menyarankan agar minyak esensial dicampurkan ke alat diffuser untuk dihirup.

Penggunaan minyak esensial, lanjut Reinita, memang sebaiknya digunakan menggunakan carrier oil dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan minyaknya.

Jika anak memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti ada riwayat kejang atau penyakit bawaan lain, konsultasikan ke dokter sebelum menggunakan minyak esensial.

Sertifikat halal

Head of Product Development & Communication Tupperware Indonesia, Frangky Angelo Purnomo, menjelaskan, ada beragam jenis minyak esensial. Kita bisa memilih jenis minyak berbeda untuk keluhan yang berbeda.

“Misalnya kalau lavender bisa membantu memperbaiki kualitas tidur dan mengurangi kecemasan, kalau peppermint bisa membantu menenangkan masalah pencernaan dan meregangkan otot yang tegang, serta lemongrass untuk meningkatkan energi,” kata Frangky.

Untuk konsumen Indonesia yang mayoritas kaum muslim, menurut Frangky Trulife sudah mendapatkan sertifikat halal.

Baca juga: Benarkah Minyak Esensial Efektif Menyembuhkan?



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X