Belajar Tanpa Membosankan Lewat Mainan yang Tepat

Kompas.com - 20/09/2020, 15:07 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com— Dunia balita adalah dunia bermain. Lewat berbagai permainan sederhana di rumah, orangtua bisa mengajak si kecil belajar banyak hal.

Kegiatan bermain memiliki banyak manfaat untuk anak, mulai dari membangun rasa percaya dirinya, hingga mengembangkan berbagai keterampilan.

Psikolog dan pemerhati anak Dr.Seto Mulyadi Sp.Psi yang akrab disapa Kak Seto, mengatakan orangtua harus memanfaatkan waktu bermain anak.

“Belajar efektif kalau nuansanya bermain. Kalau pandemi, diajak belajar pasti cemberut, ajak saja bermain, tapi sambil belajar,” ujar Kak Seto dalam virtual press conference “Olike Edu Toys Launching” di Jakarta, pekan lalu.

Dia menambahkan, bermain di sini bukan berarti anak bisa memilih permainan sesukanya, namun, orangtua memilihkan permainan yang mengandung unsur pelajaran seperti bermain musik. Contoh lain adalah menggunakan mainan yang kaya warna.

“Dengan cara yang sesuai dengan psikologi perkembangan anak, nuansanya harus penuh dengan warna warni, colorfull,” kata Kak Seto.

Baca juga: Cara Mudah Mengajarkan Matematika dan Bahasa Inggris pada Balita

Pilihan mainan

Saat ini orangtua juga bisa mengajarkan materi agama secara lebih menyenangkan untuk anak usia balita lewat mainan.

Salah satu pilihan diperkenalkan oleh brand Olike Edu Toys yang menghadirkan tiga permainan baru yaitu, Olike LCD Drawing Board yang akan mendukung kecerdasan spasial anak, Olike Smart Sajadah sebagai media anak belajar kecerdasan intrapersonal, dan Olike Hand Roll Piano yang melatih kecerdasan musikal anak.

“Dengan menggabungkan tiga hal yakni, teknologi, keinginan untuk mewujudkan impian anak agar bebas berekspresi, serta pembelajaran yang menyenangkan,” jelas Fiki Khoerul Umami sebagai Public Relation Olike Edu Toys.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X