Kompas.com - 05/10/2020, 09:51 WIB

KOMPAS.com - Pemakaian masker dalam waktu lama menimbulkan masalah lain, mulai dari jerawat di kulit hingga mata yang kering dan iritasi.

Mata kering disebabkan oleh udara yang mengarah ke mata kita saat mengembuskan napas karena udara keluar melalui sela-sela masker. Kondisi itu mengakibatkan kemerahan, sensasi gatal atau berpasir, sehingga mata menjadi berair.

Sebenarnya, ada cara untuk mencegah mata kering saat kita memakai masker.

Hal itu dijelaskan oleh Joseph Allen, OD, dokter spesialis mata sekaligus CEO Vision Excellence Eye Consulting LLC, lewat video yang ia unggah ke akun YouTube Doctor Eye Health.

1. Bernapas melalui hidung

"Jika kita bernapas melalui mulut, udara akan mengenai masker dan naik ke mata sehingga menyebabkan lebih banyak kekeringan," kata Allen.

Ia menyarankan kita untuk menghindari ruang yang menggunakan pendingin udara atau kipas angin yang memicu lebih banyak udara terbawa ke mata.

2. Merapatkan masker

Allen mengatakan, kita bisa memakai pita logam fleksibel untuk merapatkan masker dan membuatnya lebih ketat di wajah, sehingga mengurangi udara yang naik ke arah mata.

Cara ini juga bisa diterapkan bagi orang yang memakai kacamata untuk menghindari kabut pada lensa.

Halaman:
Sumber menshealth


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.