Yuk, Rutin Periksa Payudara Sendiri Sebulan Sekali

Kompas.com - 14/10/2020, 14:20 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Periksa Payudara Sendiri ( SADARI) adalah langkah penting yang perlu dilakukan secara rutin untuk mengetahui kelainan pada payudara, termasuk mengenali kanker payudara agar bisa dicegah sejak dini.

Meski sepele, namun masih banyak perempuan yang belum mempraktikannya secara rutin, atau bahkan tidak pernah sama sekali.

Pemeriksaan payudara dapat dimulai sejak 12 tahun dan dilakukan setiap bulan.

Koordinator program mobil Mammografi Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI), dr. Hardina Sabrida, MARS menjelaskan, pemeriksaan dilakukan satu kali setiap bulannya karena adanya hubungan dengan hormon estrogen perempuan.

Perabaan payudara dilakukan di saat kadar estrogen menurun di hari ketujuh hingga 10, dihitung dari hari pertama haid.

"Saat itu adalah paling baik melakukan SADARI, di mana pada saat itu payudara kita tidak kencang, sehingga tidak sakit bila diraba," ungkapnya kepada Kompas.com.

Bagi perempuan yang sudah menopause, SADARI bisa dilakukan setiap tanggal tertentu yang mudah diingat, misalnya setiap tanggal satu atau tanggal kelahiran.

Baca juga: Mengapa Payudara Nyeri Saat PMS?

Beberapa tahapan melakukan SADARI, antara lain:

1. Berdiri di depan cermin dan angkat tangan

Saat melakukan langkah ini, pastikan bahu lulur sejajar. Setelah itu, letakan tangan pada pinggang.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X