Marc Jacobs: Nirvana Tak Punya Hak Cipta Atas Logo Smiley Face

Kompas.com - 07/11/2020, 18:44 WIB
Logo Smiley Face Nirvana Logo Smiley Face Nirvana
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Dalam dua tahun terakhir, band grunge Nirvana berseteru dengan label perancang busana Marc Jacobs.

Perseteruan itu disebabkan oleh logo ikonik milik Nirvana, Smiley Face yang berwarna hitam dan kuning.

Menurut Marc Jacobs International, selama ini logo Smiley Face itu tidak pernah mendapat hak cipta.

Tim hukum Marc Jacobs menyebut, kesalahan dalam pendaftaran hak cipta membuat logo itu dapat digunakan oleh label mereka secara hukum.

Kemudian, tim hukum Marc Jacobs mengajukan keputusan ringkasan atau keputusan pengadilan, sebelum kasus itu dibawa ke pengadilan.

Konflik antara keduanya bermula di bulan Desember 2018, di saat Nirvana pertama kali mengajukan tuntutan kepada Marc Jacobs atas pelanggaran hak cipta.

Band mendiang Kurt Cobain itu mengklaim kaus dan sweatshirt bergambar wajah tersenyum buatan Marc Jacobs melanggar merek dagang Nirvana.

Label Marc Jacobs membantah klaim tersebut pada November 2019, dan mereka menuduh klaim hak cipta Nirvana tidak valid karena pembuat logo tidak dapat diketahui.

Situasinya menjadi semakin rumit. Pasalnya, di bulan September, desainer grafis Robert Fisher mengklaim dirinya adalah pencipta dan pemilik hak cipta logo Smiley Face yang sah.

Namun, tim hukum Nirvana menganggap pernyataan Fisher tidak berdasar secara fakta dan hukum.

Halaman:


Sumber Hypebeast
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X