Kompas.com - 20/01/2021, 06:28 WIB
Sejumlah pekerja menggunakan masker berjalan kaki setelah meninggalkan perkantorannya di Jakarta, Rabu (29/7/2020). Klaster perkantoran penularan Covid-19 di Jakarta kini menjadi sorotan. Data resmi hingga Selasa (28/7/2020) kemarin, ada 440 karyawan di 68 perkantoran di Ibu Kota yang terinfeksi virus corona. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSejumlah pekerja menggunakan masker berjalan kaki setelah meninggalkan perkantorannya di Jakarta, Rabu (29/7/2020). Klaster perkantoran penularan Covid-19 di Jakarta kini menjadi sorotan. Data resmi hingga Selasa (28/7/2020) kemarin, ada 440 karyawan di 68 perkantoran di Ibu Kota yang terinfeksi virus corona.

KOMPAS.com - Menargetkan olahraga satu jam setiap harinya mungkin terasa berat dan sulit mengalokasikan waktu di tengah kesibukan.

Pada akhirnya, rutinitas pun sulit untuk dibangun karena kita tak selalu bisa mengalokasikan waktu satu jam setiap harinya.

Namun, rutinitas olahraga sederhana seperti jalan kaki 15-30 menit saja setiap harinya ternyata bisa memberikan kita sejumlah manfaat tak terduga.

Jalan kaki adalah olahraga yang ringan, menyenangkan dan tidak membutuhkan biaya.

Kita hanya perlu mengumpulkan niat dan meluangkan waktu sejenak untuk berada di tengah alam.

Setidaknya, ada 10 manfaat jalan kaki setiap hari yang bisa kita dapatkan:

1. Perubahan positif pada otak
Menurut sebuah studi yang diulas oleh The New York Times, olahraga aerobik low impact seperti jalan kaki dapat mencegah demensia dini, mengurangi risiko Alzheimer dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jalan kaki juga mampu membantu mengurangi stres mental dan menjaga kadar endorfin atau hormon bahagia tetap terjaga.

Baca juga: Waspadai, 7 Kebiasaan Buruk yang Merusak Fungsi Otak

2. Meningkatkan kemampuan pengelihatan
Sebagian dari kita mungkin tak pernah menyangka bahwa jalan kaki, aktivitas yang banyak melibatkan kaki, ternyata juga bermanfaat untuk mata kita.

Menurut situs glaucoma.org, program olahraga moderat rutin seperti jogging atau lari tiga kali seminggu atau lebih tidak hanya bisa bermanfaat terhadap kesehatan keseluruhan, tetapi juga menurunkan efek tekanan intraokular (TIO) sehingga dapat membantu kita melawan glaukoma.

Baca juga: Atasi Mata Tegang dengan Yoga Mata, Cuma 5 Menit

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.