Kompas.com - Diperbarui 16/09/2021, 15:23 WIB
Kebiasaan yang merusak otak bisa datang dari aktivitas kita sehari-hari. FREEPIK/JANNOON028Kebiasaan yang merusak otak bisa datang dari aktivitas kita sehari-hari.

KOMPAS.com - Kebiasaan yang merusak otak bisa datang dari kebiasaan kita sehari-hari. Kebiasaan yang dilakukan mungkin cuma sepele, namun jika dilakukan terus-menerus dalam waktu lama tentunya bisa berdampak pada kesehatan kognitif kita.

Untuk itu, mengubah kebiasaan yang merusak otak akan memberikan perubahan terhadap fungsi otak kita, sekecil apapun perubahan itu.

Menurut para ahli, gaya hidup modern dapat memengaruhi jalur saraf dan membuat kita lebih lambat dan kurang mampu untuk berpikir orisinal.

Hiperkonektivitas semakin berdampak pada otak. Pada akhirnya, kita menjadi kurang produktif dan kurang efektif.

Untuk menjadi individu yang produktif, kita perlu melakukan lebih banyak kebiasaan yang dapat meningkatkan kesehatan otak kita, dan lebih sedikit melakukan kebiasaan yang menyebabkan penurunan kognitif.

Sederet kebiasaan yang merusak otak

Melansir Insider, setidaknya ada tujuh kebiasaan yang merusak otak dan perlu dihindari untuk mencegah penurunan fungsi otak jangka panjang:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Tidak aktif secara fisik dapat merusak otak

Pola hidup kurang gerak adalah salah satu kebiasaan yang merusak otak, terutama jika dilakukan dalam jangka waktu lama.
PEXELS/JESHOOTS.COM Pola hidup kurang gerak adalah salah satu kebiasaan yang merusak otak, terutama jika dilakukan dalam jangka waktu lama.

Ketidakaktifan dapat menyebabkan masalah kesehatan kronis seperti penyakit jantung, obesitas, depresi, demensia, dan kanker.

Banyak orang terlalu sibuk untuk hanya melakukan aktivitas gerakan dasar, yang dapat memperlambat penurunan kognitif.

Sebuah penelitian di Journal of Comparative Neurology menunjukkan hubungan antara pola hidup tidak aktif (sedentary) dan penurunan mental. Pola hidup tidak aktif tersebut ditemukan dapat mengubah bentuk neuron tertentu di otak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.