Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2021, 13:10 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Breguet adalah brand jam tangan mewah yang dikenal karena memiliki beberapa koleksi bersejarah. Salah satunya adalah koleksi Reine de Naples, yang dianggap sebagai jam tangan untuk Ratu Napoli.

Jam tangan seri Reine de Naples pertama dibuat tahun 1810 dari rambut dan benang emas yang dirancang khusus untuk adik bungsu Napoleon Bonaparte - Ratu Napoli (Reine de Naples) yang bernama Caroline Murat.

Caroline Murat sendiri adalah salah satu klien elit Abraham-Louis Breguet, selain bangsawan lainnya.

Nah menyambut perayaan kasih sayang atau Valentine tahun ini, Breguet merilis ulang koleksi yang terinspirasi dari seri Reine de Naples.

Breguet Reine de Naples Coeur Eternal LoveBreguet Breguet Reine de Naples Coeur Eternal Love
Edisi yang hanya tersedia 28 buah ini memiliki case berbentuk oval yang sama dengan aslinya, dan menawarkan dial unik yang dilindungi oleh beberapa paten, termasuk jarum menit berbentuk hati yang lekuknya bisa berubah tergantung pada posisinya.

Dilihat dari bentuknya, jam tangan Reine de Naples Coeur Eternal Love edisi terbatas ini didedikasikan untuk wanita dan cinta. Jarum menitnya berbentuk jantung hati, dan tidak berada di tengah, namun di atas pukul 6.

Jarum ini terdiri dari dua lengan independen yang mampu memutar dan memanjang, namun tetap membentuk jantung hati ke manapun dia mengarah.

Pada arah pukul 12, bentuk jantung hatinya akan lebih memanjang, namun menjadi lebih bulat pada pukul 6.

Sementara jam ditunjukkan lewat angka yang ada di jendela berbentuk busur di bagian tengah arloji.

Bagian dial jam dibuat dari kristal safir putih, berbentuk oval yang merupakan desain khas Reine de Naples. Sedangkan bezel jam berbahan emas warna rose 18 karat, serasi dengan tali kulit aligator merahnya.

Di sekeliling bezel itu, Breguet memberi bingkai berhias 28 berlian bulat yang dipotong dengan cermat untuk menghasilkan cahaya berkilau.

Bentuk oval jam ini mengharuskan adanya gerakan mekanis yang tidak biasa dan dengan kecepatan berbeda, agar jarum selalu menunjuk pada angka yang tepat. Para pengrajin Breguet bahkan menghasilkan empat paten untuk mekanisme ini.

Breguet Reine de Naples Coeur Eternal LoveBreguet Breguet Reine de Naples Coeur Eternal Love
Untuk menambah kesan romantis, jam tangan Breguet Reine de Naples Coeur Eternal Love ini juga dilengkapi crown dengan hiasan batu ruby. Bersama elemen warna merah yang menjadi detail pada jam ini, tepatlah bila orang akan merasakan cinta saat melihatnya.

Sedangkan di balik jam tangan, terdapat penutup belakang transparan yang dibuat dari kristal safir dan nomor individu jam yang terukir di tepi kotak emas.

Melalui casing belakang tembus pandang ini kita bisa melihat mesin Breguet Calibre 78A0 otomatis, yang mampu menyimpan daya selama 40 jam dan frekuensi 3,5 Hz, dengan roda silikon anti-magnetik.

Karena hanya ada 28 buah, maka jam tangan Breguet "Ratu Napoli" hanya ada di butik Breguet tertentu di hari Valentine 2021 dengan harga sekitar Rp 760 juta, lengkap bersama tas clutch kulit warna merah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com