Kompas.com - 18/02/2021, 17:21 WIB
Mesin Tourbillon dari Breguet BreguetMesin Tourbillon dari Breguet
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tahun 2021 menandai peringatan 220 tahun hadirnya sistem penggerak jam tangan yang dianggap sebagai pencapaian tinggi sampai saat ini: Tourbillon.

Mekanisme ini pertama kali diciptakan oleh Abraham-Louis Breguet yang kemudian menggunakan namanya sebagai brand untuk jam tangan produksinya.

Meski begitu, sistem tourbillon dipakai juga oleh merek-merek, utamanya yang menonjolkan keindahan dan seni dalam arlojinya.

Abraham-Louis Breguet, lahir tahun 1747 di Neuchâtel di Swiss. Masa kecilnya diisi dengan magang pada pembuat jam setempat, dan pada usia 15 tahun dia pergi ke Prancis melanjutkan magang di Versailles dan Paris.

Di Paris, Breguet muda memperoleh pendidikan akademis di Mazarin College. Pendidikan ini memberikan dasar yang kuat dalam sains, khususnya matematika dan fisika, yang berperan menjadikan Breguet seorang insinyur sebelum waktunya.

Jam dengan mesin Tourbillon dari BreguetBreguet Jam dengan mesin Tourbillon dari Breguet
Usia pendidikan, Breguet membuka bisnis di Île de la Cité pada tahun 1775. Ia membuat jam otomatis (self winding) yang disebut Perpétuelle, yang ternyata disukai Raja Louis XVI dan Ratu Marie-Antoinette.

Sayang ketika namanya makin terkenal sebagai pembuat jam, Revolusi Prancis meletus sehingga Breguet harus kembali ke tanah kelahirannya pada tahun 1793.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun kepulangannya itu tidak sia-sia karena di Swiss ia banyak bekerja dan belajar dengan pembuat jam lain, yang kemudian memunculkan ide untuk membuat mesin Tourbillon sekembalinya ke Prancis tahun 1795.

Perlu diketahui, saat itu orang belum mengenal jam tangan. Adanya adalah jam saku atau pocket watch.

Jam ini umumnya dipakai atau disimpan dalam posisi menggantung di baju. Akibat cara penyimpanan tersebut, akurasi mesinnya sering terganggu karena pengaruh medan magnet atau gravitasi bumi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.