Kompas.com - 31/03/2021, 06:06 WIB
Guru yoga, Deera Dewi, memperagakan gerakan yoga seated side stretch untuk meredakan kaku pada leher dan pundak, Jumat (26/3/2021). KOMPAS.com/RODERICK ADRIANGuru yoga, Deera Dewi, memperagakan gerakan yoga seated side stretch untuk meredakan kaku pada leher dan pundak, Jumat (26/3/2021).

KOMPAS.com - Kaku pada leher dan pundak kerap menjadi masalah bagi banyak orang khususnya pekerja kantoran yang lebih banyak duduk.

Menurut praktisi dan guru yoga, Deera Dewi, kaku pada leher dan pundak terjadi karena sirkulasi darah yang kurang lancar dan terhalang.

"Sirkulasi darah yang tidak lancar juga bisa mengakibatkan migrain, karena kekurangan oksigen yang dibawa di dalam darah", kata Deera Dewi saat menjadi narasumber di program IG Live Kind of Talks, di Instagram @my.kindoflife, Jumat (26/3/2021).

Beberapa gerakan yoga, jika rutin dilakukan, mampu menghilangkan kaku pada leher dan pundak.

"Gerakan-gerakan yoga yang membuka bagian dada dan bahu itu akan membantu sekali untuk mempelancar aliran darah dan mengatasi kaku pundak, serta leher", kata Deera.

Deera kemudian mencontohkan beberapa gerakan atau pose untuk mengatasi kaku pada leher dan pundak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Seated Foward Bend

Guru yoga, Deera Dewi, memperagakan gerakan yoga seated foward bend untuk meredakan kaku pada leher dan pundak, Jumat (26/3/2021).KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN Guru yoga, Deera Dewi, memperagakan gerakan yoga seated foward bend untuk meredakan kaku pada leher dan pundak, Jumat (26/3/2021).

Pose ini merupakan pose paling sederhana. Tahan dan bernafaslah pada posisi ini 5 hingga 10 hitungan. Jika dirasa perlu lakukan gerakan pengulangan.

2. Seated Eagle Arms

Guru yoga, Deera Dewi, memperagakan gerakan yoga seated eagle arms untuk meredakan kaku pada leher dan pundak, Jumat (26/3/2021)KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN Guru yoga, Deera Dewi, memperagakan gerakan yoga seated eagle arms untuk meredakan kaku pada leher dan pundak, Jumat (26/3/2021)

Gerakan ini terlihat seperti memilin kedua tangan. Biasanya gerakan ini dilakukan berdiri dan juga turut menyilangkan kaki. Tapi bisa dilakukan juga sambil duduk bersila. Tahan dan bernafaslah pada posisi ini 5 hingga 10 hitungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X