Kompas.com - 18/04/2021, 11:16 WIB
Ilustrasi bekerja dari rumah atau work from home (WFH). (Dok. Vlada Karpovich - Pexels) Ilustrasi bekerja dari rumah atau work from home (WFH).
|


Oleh: Annisa Ardiani, Content Writer Rekata

Riset adalah salah satu tahap penting dalam menulis, salah satunya dalam menulis novel. Cerita dalam novel akan terasa kurang menarik dan berkesan jika risetnya tidak dilakukan dengan baik dan mendalam.

Meskipun sumber ide tulisanmu adalah dari pengalaman sendiri, riset pun dibutuhkan untuk memberikan informasi tambahan yang bisa memperkaya tulisan.

Mungkin kata “riset” terdengar berat, tetapi sebetulnya bisa dilakukan dengan cara sederhana.

Tips riset untuk menulis novel

Bingung cara riset yang baik untuk menulis novel? Ini dia 4 tips praktis untuk kamu yang ingin melakukan riset agar tulisanmu menjadi menarik dan berkesan di hati pembaca:

1. Memperkaya bacaan
Sumber ide dan informasi untuk menulis novel tidak selalu datang dari bacaan fiksi, tetapi juga bacaan nonfiksi, berita, bahkan komik. Kita akan terpapar dengan berbagai gaya tulisan, topik, dan perspektif.

Dengan membaca komik, kita bisa mengeksplorasi cerita yang sederhana dengan karakter yang kuat. Begitu pula dengan membaca berita, kita bisa mengetahui sebab dan akibat dari suatu peristiwa besar. Informasi seperti itu yang bisa membuat tulisan kita semakin kaya.

Baca juga: Ingin Baca Ribuan Novel Gratis? Ini Dia Caranya!

2. Riset melalui berbagai medium
Melakukan riset untuk menulis novel bukan berarti hanya melakukan riset melalui bacaan. Kita juga bisa melakukan riset melalui media audiovisual seperti film dan video YouTube. Selain itu, bisa juga melalui media audio seperti podcast.

Sekarang ini, banyak content creator yang juga seorang ahli atau profesional sehingga kita bisa mendapatkan insights dari konten-konten yang mereka buat. Kita juga bisa melakukan riset melalui film zaman dulu jika ingin membuat cerita sejarah ataupun melalui film luar negeri jika ingin membuat cerita berlatar luar negeri.

3. Jangan hanya mengandalkan internet
Memang, sekarang zamannya sudah serba mudah. Kalau ingin mencari tahu tentang suatu hal, kita hanya perlu mengetik di mesin pencari di internet. Namun, kita perlu ingat kalau data dan informasi yang kita dapatkan di internet tidak semuanya bisa dipercaya, valid, dan lengkap.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X