Kompas.com - 29/04/2021, 18:06 WIB

KOMPAS.com - Sejak usia 5 tahun, seniman grafis Filipina bernama Percival Lugue memiliki hasrat untuk mengumpulkan mainan dari jaringan restoran cepat saji seperti McDonald's, Burger King, dan Jollibee yang menjadi favorit di negara asalnya.

Sekarang, hampir lima dekade kemudian, pria berusia 50 tahun ini memiliki sekitar 20.000 mainan yang disusun di dalam rumahnya.

Dia bahkan telah memegang rekor dunia Guinness World Record dari tahun 2014, ketika koleksinya mencapai lebih dari 10.000 item.

"Mainan itu sendiri seperti pendongeng," kata Lugue.

"Misalnya, memberi saya gambaran sekilas tentang periode tertentu ketika saya mendapatkannya, cerita tentang apa yang terjadi, dan insiden apa yang terkait dalam mainan itu," lanjut dia.

Baca juga: [POPULER TRAVEL] Harga Mainan Happy Meal McDonalds Bisa Jutaan Rupiah

Lugue yang tinggal di Apalit di Pampanga, sebuah provinsi di barat laut Manila, membangun rumahnya khusus untuk menampung koleksi-koleksinya tersebut.

Dia mengungkapkan bahwa kegembiraannya setiap mendapatkan mainan baru sama dengan ketika merayakan hari Natal.

Meski sering bermain dengan koleksinya itu, namun Lugue juga merawat mainannya dengan sangat baik dan kemudian memajangnya kembali di tempatnya.

Sebagian besar mainannya itu diperoleh melalui pembelian pribadi. Sementara, beberapa lainnya disumbangkan oleh teman maupun keluarga.

"Saya biasanya mengundang teman-teman saya untuk makan siang di McDonald's dan dalam sekali waktu saya dapat melengkapi satu set mainan," ujarnya.

Salah satu koleksinya yang paling berharga adalah patung "Hetty Spaghetti", maskot dari restoran cepat saji Jollibee yang diberikan ibunya pada tahun 1988.

Mimpinya sekarang adalah untuk memamerkan koleksinya kepada publik atau membuka museum untuk memberi orang lain kesempatan mengunjungi kembali kenangan masa kecil mereka.

Baca juga: Sempat Dikira Sampah, Mainan Langka Star Wars Laku Rp 7,7 Miliar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.