Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2021, 19:16 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Buku anak menjadi salah satu cara bagi orangtua memperkenalkan dunia kepada buah hatinya.

Kisah yang tertulis dalam buku yang ditujukan untuk anak-anak biasanya merupakan cerita fiksi atau fantasi. Isinya mampu menarik perhatian sekaligus kaya akan pesan dan wawasan.

Tak heran jika banyak orang yang tetap menyukai buku anak meski sudah berusia dewasa. Jenis buku ini juga paling banyak dicari di setiap toko,, bazaar atau pameran.

Ada banyak judul buku cerita anak yang diterbitkan setiap tahunnya. Namun ada beberapa judul yang paling direkomendasikan oleh para penggiat literasi anak.

Baca juga: Panduan Membacakan Buku untuk Anak di Bawah Usia 3 Tahun

BookTrust, lembaga amal membaca anak-anak yang berbasis di Inggris menyusun daftar rekomendasi buku bagi anak sesuai dengan usianya.

Dari berbagai judul tersebut, ada lima buku yang menjadi favorit antara lain:

  • Harry Potter and the Philosopher's Stone 

Buku Harry Potter and the Philosopher's Stone cetakan pertama ini terjual Rp 1,2 miliar. (Twitter/Bonhams) Buku Harry Potter and the Philosopher's Stone cetakan pertama ini terjual Rp 1,2 miliar. (Twitter/Bonhams)
Buku karya J.K Rowling ini merupakan pembuka dari serial Harry Potter yang sudah mendunia. Kisahnya merupakan awal mula perjalanan penyihir dari Inggris ini ke dunia sihir yang kaya akan tantangan dan keajaiban.

Buku ini cocok dibaca anak ketika menginjak usia delapan tahun. Namun kini tersedia banyak versi ilustrasinya untuk memudahkannya dinikmati anak yang lebih muda.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Novel Harry Potter and the Deathly Hallows Dirilis

Poster film The Hunger Games
IMDb Poster film The Hunger Games

  • The Hunger Games

The Hunger Games adalah hasil tulisan Suzanne Collins yang merupakan pembuka trilogi. Sekuelnya yaitu Catching Fire dan Mocking Jay yang berkisah soal perjuangan karakter Katniss Everdeen.

Buku ini telah diadaptasi menjadi film dengan judul serupa yang dibintangi oleh Jennifer Lawrence. Ceritanya sarat pesan soal kebebasan, masyarakat, kontrol dan politik.

Karena cukup berat bagi sebagian orang, novel distopia ini sebaiknya mulai dibaca anak-anak ketika memasuki usia 13 tahun.

Baca juga: 5 Fakta Novel Prekuel The Hunger Games, The Ballad of Songbirds and Snakes

  • The BFG

Buku karya Roald Dahl ini dilengkapi ilustrasi karya Quentin Blake. Paling direkomendasikan untuk dibaca anak berusia di atas enam tahun namun disukai oleh semua usia. 

Ceritanya soal BFG, Big Friendly Giant, yang secara tak terduga membangkitkan seorang gadis kecil bernama Sophie dari tempat tidur, dan masuk ke negeri raksasa pemakan anak.

  • The Very Hungry Caterpillar

Tulisan Eric Carle ini adalah salah satu karya klasik wajib untuk anak umur dua sampai lima tahun. Kisahnya soal seekor ulat kecil dari menetas sampai berubah menjadi kupu-kupu cantik.

Winnie-the-Pooh dan Piglet, ilustrasi oleh E.H. Shepard. (Courtesy Everett Collection via Britannica) Winnie-the-Pooh dan Piglet, ilustrasi oleh E.H. Shepard. (Courtesy Everett Collection via Britannica)
Sesuai judulnya, perjalanannya akan diisi oleh apa saja yang dimakannya selama proses pertumbuhannya. Ilustrasi penuh warna dengan gaya kolase yang interaktif bagi balita menjadi salah satu alasan popularitas buku ini.

Baca juga: Hari Buku Nasional, 8 Manfaat Penting Ajarkan Anak Gemar Membaca

  • Winnie-the-Pooh

Karakter beruang kuning ini banyak dikenal karena serial animasinya namun bukunya adalah awal popularitasnya. Ditulis oleh A A Milne dengan ilustrasi dari E H Shepherd, buku ini cocok diperkenalkan ketika anak berusia empat tahun.

Kisah Pooh, Christopher Robin, dan teman-teman mereka di Hundred Acre Wood akan menjadi bacaan menyenangkan sebagai pengantar tidur bagi anak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com