Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2021, 18:55 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak ibu muda yang semakin menyadari pentingnya menanamkan kebiasaan membaca buku kepada anaknya sejak dini.

Salah satu metodenya yakni dengan mulai membacakan buku untuk anak sejak bayi. Tak heran kini buku anak di bawah usia lima tahun selalu laris manis terjual. 

Buku aktivitas anak, stiker, dongeng, ilustrasi dan berbagai jenis lainnya pasti dicari oleh para ibu kekinian. Sektor buku bagi anak-anak selalu ramai dikunjungi pembeli di toko buku baik daring maupun luring.

Event pameran buku, seperti Big Bad Wolf, selalu diserbu para ibu yang ingin berbelanja buku terbaik untuk anaknya.

Baca juga: Hari Buku Nasional, 8 Manfaat Penting Ajarkan Anak Gemar Membaca

Namun, sebaik apapun bukunya tidak akan berdampak optimal apabila metodenya penyampaiannya tidak tepat. Karena itu setiap orangtua harus memperhatikan jenis buku yang dibeli dan bagaimana cara mengisahkanya kepada anak.

Terlebih lagi ketika anak-anak masih bayi dan balita yang kemampuan bahasanya belum sempurna. Orangtua perlu cermat memilih cara agar buah hatinya mendapatkan manfaat baik dari buku yang dibacakan. 

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah panduan yang bisa dipakai untuk ketika ingin membacakan buku untuk anak di bawah usia tiga tahun.

Baca juga: Buku Kate Middleton Tembus Daftar Bestseller di Hari Peluncurannya

Membacakan buku cerita bermanfaat untuk bayi meski mungkin mereka belum memahaminya. Kebiasaan ini membantu anak memahami ritme bahasa dan melatih telinganya.

Dengan demikian, hal ini dapat mempermudah mereka memperhatikan kalimat yang lebih panjang di kemudian hari.

Salah satu tips yang bisa dilakukan adalah menggunakan buku yanga mampu menarik perhatian. Misalnya saja buku berbahan kain atau hiasan yang menarik bagi mereka.

Jangan khawatir jika anak hanya memegang bukunya atau membuka-buka halamannya secar fisik karena itu adalah respon yang sangat normal.

Baca juga: Ketahui Manfaat Membaca Buku bagi Balita, Salah Satunya Kurangi Stres

Ilustrasi anak membaca buku untuk mengembangkan imajinasi.FREEPIK/CHILDRENS ILLUSTRATION Ilustrasi anak membaca buku untuk mengembangkan imajinasi.

Selain itu, pilihlah buku dengan satu gambar sederhana dan satu kata untuk mempelajari kosakatanya. Jika ada lebih dari satu gambar di halaman, tunjuk apa yang dibicarakan agar  lebih spesifik dan anak lebih paham.

  • Membaca buku untuk anak di atas usia 1 tahun

Untuk anak di atas usia satu tahun, pilihlah buku yang berwarna, gambar berbeda di setiap halamannya, dan tekstur yang tebal untuk memudahka membalik tiap lembarnya.

Buku yang berisikan sejak atau kata-kata berirama sangat direkomendasikan karena mempermudah anak belajar kosakata.

Baca juga: Kenali Gejala Disleksia pada Balita hingga Pelajar SMA

Pertahankan kebiasaan menunjuk objek di buku ketika membacakan buku untuk anak di fase usia ini. Namun ajari anak untuk merespon misalnya dengan menunjuk, memberi isyarat, mengeluarkan suara, atau meniru kata.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com