Kompas.com - 26/06/2021, 22:48 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pekerjaan yang menunpuk, uang bulanan habis, atau ribut dengan pasangan,  bisa menjadi masalah yang membuat kita frustasi, namun tetap harus kita hadapi.

Banyak orang kemudian menjadi depresi, dan lari ke aktivitas yang merugikan. Padahal ada solusi untuk meredakannya agar tidak merusak kesehatan mental.

Melansir Cleveland Clinic, berikut ini tips dari Adam Borland, PsyD, seorang psikolog klinis, tentang bagaimana caranya mengelola stres:

1. Tenangkan diri dengan menarik napas dalam-dalam

Salah satu cara paling efektif untuk meredakan stres adalah sesuatu yang sudah kita lakukan sepanjang waktu, yakni bernapas.

Tapi tidak sembarang pernapasan yang sebaiknya kita lakukan. Dr Borland merekomendasikan untuk melakukan pernapasan diafragma, yang juga dikenal sebagai pernapasan perut.

Ini adalah jenis pernapasan mendalam yang membuat perut kita membesar saat kita menarik napas.

Caranya sederhana, yakni menghirup napas perlahan melalui hidung dengan menggembungkan perut, bukan dada, lalu menghembuskan napas secara bertahap melalui mulut. 

Rasakan perut membesar dan diafragma naik saat mengambil napas, kemudian mengempis lagi saat membuang napas.

Saat kita stres atau kesal, sistem saraf simpatik kita menjadi aktif. Nah pernapasan diafragma melibatkan sistem saraf parasimpatis kita, dan berperan untuk menenangkan emosi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.