Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2021, 09:46 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Eat This

KOMPAS.com - Berjalan kaki adalah salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan dan tidak kalah menyehatkan dibandingkan dengan jenis olahraga lain.

Bahkan, sebuah penelitian yang diterbitkan di JAMA baru-baru ini mengungkapkan, berjalan cepat dapat meredakan rasa sakit pada penderita penyakit arteri perifer (PAD) setelah satu tahun penuh.

Dalam studi tersebut, tim peneliti meminta para penderita PAD yang terlibat untuk mengikuti tes berjalan enam menit atau the six-minute walking test (6MWT).

Baca juga: Diet Sehat dan Seimbang adalah Kunci Umur Panjang, Benarkah?

Ini bukan kali pertama tes berjalan enam menit digunakan untuk mengukur kemanjuran dari berjalan kaki dalam meringankan penyakit.

Menurut American College of Rheumatology, tes ini juga pernah digunakan untuk menguji toleransi latihan pada penyakit pernapasan kronis dan gagal jantung.

Berdasarkan studi besar tahun 2011 yang diterbitkan dalam European Respiratory Journal, tes ini juga merupakan prediktor kematian.

"Tes berjalan enam menit terbukti dapat diandalkan, murah, aman, dan mudah diterapkan. Selain itu, tes ini berkorelasi baik dengan hasil penting, termasuk tingkat kematian," demikian kesimpulan riset ini.

Cara melakukannya

Melakukan tes berjalan enam menit ini cukup sederhana. Kita hanya perlu berjalan sejauh mungkin sesuai dengan kemampuan kita selama enam menit.

"Tiap individu diperbolehkan untuk mengatur kecepatannya sendiri dan beristirahat sesuai kebutuhanya selama berjalan," demikian ditulis American College of Rheumatology.

Baca juga: Untuk Kulit hingga Umur Panjang, Ini 12 Manfaat Kesehatan dari Kopi

Sebelum dan sesudah tes, para pejalan kaki akan diuji detak jantung, tekanan darah, dan kadar oksigennya.

Tes ini juga akan mengevaluasi respons dari semua sistem tubuh yang terlibat selama latihan, termasuk sistem paru dan kardiovaskular, sirkulasi sistemik, sirkulasi perifer, darah, unit neuromuskular, dan metabolisme otot.

American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine mencatat, komponen tes sangat penting untuk memahami kebugaran seseorang.

Penilaian tes

Untuk skor tes, tim peneliti cukup menjumlahkan jarak berjalan. Menurut American College of Rheumatology, orang dewasa yang sehat akan menyelesaikan tes dengan berjalan sejauh 400-700 meter.

Halaman:
Baca tentang
Sumber Eat This
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com