Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/08/2021, 13:08 WIB
Anya Dellanita,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Brand produk olahraga ternama nampaknya hobi melakukan kolaborasi atau merilis sneaker eksklusif bertema Jepang.

Misalnya saja, Nike yang berkolaborasi dengan Gundam dan merilis sepatu bertema matsuri (festival) di Jepang beberapa waktu lalu.

Tak ingin kalah dengan Nike, brand Asics pun ikut merilis dua sneaker baru untuk merayakan digelarnya Tokyo Marathon 2021, yang dijadwalkan akan digelar pada 17 Oktober mendatang.

Dua sneaker edisi terbatas itu terlihat menggabungkan motif modern dan tradisional Jeoang ke dalam desainnya dengan menggabungkan ekspresi umum dalam komik dengan print woodblock ukiyo-e indah yang dilukis oleh Utagawa Hiroshige.

Baca juga: Sepatu Super ASICS, Mengancam Dominasi Nike?

Model sepatu yang dipilih untuk desain edisi terbatas ini adalah Asics Tarther dan Glideride 2. Demi perilisan baru ini, kedua sneaker akan diberi warna indigo pekat yang disebut “Hiroshige Blue”

Untuk Tarther Japan Tokyo, akan dilukis dengan gambar Gunung Fuji dari lukisan Fine Wind karya seniman klasik Katsushika Hokusai, Clear Morning (juga dikenal dengan nama Red Fuji) di bagian tumit, dilengkapi dengan gradasi biru gelap di bagian solnya.

Sementara itu di bagian upper, terlihat kata “Tarther” dan “Byu”, yang bisa diterjemahkan sebagai “zoom” atau “whoosh.” Kedua kata ini dicetak dalam font yang mirip dengan yang digunakan dalam manga atau komik Jepang.

Namun, kata yang digunakan dalam desain kedua, The Glide Ride 2 Tokyo, berbeda. Dalam desain ini, tertulis kata “Koron”, yang berarti “berguling,” menggambarkan gerakan tumit ke kaki dalam gerakan berlari. Untuk motif, ada print Gunung Fuji dari The Great Wave off Kanagawa karya Hokusai.

Baca juga: ASICS Rilis Dua Sepatu untuk Dua Tipe Lari Berbeda

Sepatu limited-edition Tokyo Marathon 2021 ini sudan dipasarkan dengan harga 20.900 yen atau sekitar Rp 3,8 juta untuk The Tarther Japan Tokyo dan 19.800 yen atau sekitar Rp 2,6 juta untuk The Glideride 2 Tokyo di toko-toko Asics Jepang.

Sayangnya, sepertinya sneaker ini sulit didapatkan di negara lain.

Tahun lalu, Asics rupanya membuat sneaker bertema Tokyo Marathon juga dengan tema kabuki. Jika tahun ini komik dan ukiyo-e, apa kira-kira tema tahun depan? Mari kita tunggu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com