Kompas.com - 30/03/2021, 15:53 WIB
ASICS Metaspeed ASICSASICS Metaspeed
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ada dua macam pelari yang umum kita jumpai. Yang pertama adalah mereka yang melangkah panjang-panjang, kedua adalah yang melangkah pendek-pendek namun lebih sering.

Gaya lari pertama itu kita kenal dengan Stride, dengan langkah lebih panjang dan waktu melayang lebih lama di udara. Pelari dengan gaya ini biasanya akan makin memperpanjang langkah saat ingin menambah kecepatan.

Sedangkan gaya kedua disebut Cadence, dengan langkah-langkah pendek dan gerakan naik dan turun yang minimal. Pelari jenis ini meningkatkan kecepatannya dengan menambah jumlah langkah kaki sehingga irama larinya pun berubah.

Lalu mana yang lebih efektif? Keduanya sama efektifnya karena gaya ini menyesuaikan kebiasaan dan cara bergerak seseorang yang seringkali berbeda. Namun ternyata kita bisa menambah efektivitasnya dengan sepatu yang tepat.

ASICS, brand olahraga asal Jepang adalah salah satu yang memberi perhatian pada hal tersebut. Merek asal Kobe itu memperkenalkan dua sepatu lari baru berperforma tinggi yang dirancang berdasarkan gerakan pelari, yaitu kebiasaan, kebutuhan, dan kemampuan mereka.

Kedua sepatu itu adalah Metaspeed Sky dan Metaspeed Edge, masing-masing dirancang secara ilmiah dengan mempertimbangkan jenis gaya lari yang berbeda.

Dengan sepatu ini, pelari tidak perlu menyesuaikan gaya larinya agar sesuai dengan sepatu; alih-alih sepatunya yang mendukung gaya lari mereka.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagaimana para peneliti di ASICS membuat sepatu ini?

Gambaran bagaimana para peneliti mencari tahu sepatu apa yang cocok untuk pelariASICS Gambaran bagaimana para peneliti mencari tahu sepatu apa yang cocok untuk pelari
Bagian yang menarik dari peluncuran seri Metaspeed adalah tour virtual yang menjelaskan semuanya. Semula ASICS berniat mengundang wartawan ke Kobe, Jepang, untuk melihat langsung bagaimana sepatu ini dirancang.

Namun pandemi Covid-19 menghentikan rencana tersebut. Sebagai gantinya, ASICS mengirimkan perangkat Virtual Reality (VR) di mana kita bisa seolah hadir dan menyaksikan langsung proses perancangan sepatu Metaspeed ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X