Kompas.com - 20/08/2021, 19:49 WIB
Ilustrasi hubungan penuh pertengkaran yang memicu putus lewat chat. SHUTTERSTOCKIlustrasi hubungan penuh pertengkaran yang memicu putus lewat chat.

KOMPAS.com – Di semua konteks, istilah red flag atau bendera merah menandakan alasan untuk berhenti. Misalnya, dalam olahraga, ketika bendera merah dikibarkan maka menandakan permainan harus dihentikan karena pelanggaran.

"Dalam hubungan, red flag adalah tanda bahwa orang tersebut mungkin tidak bisa memiliki hubungan yang sehat dan melanjutkan jalan bersama karena akan berbahaya secara emosional," jelas Dr. Wendy Walsh, PhD, seorang psikolog klinis spesialis hubungan.

Perlu diketahui bahwa red flag atau tanda bahaya dalam suatu hubungan bisa terlihat nyata maupun tidak jelas.

Baca juga: Jangan Ucapkan 7 Kalimat Ini Ketika Memutuskan Hubungan dengan Pacar

Red flag vs. yellow flag

Penting untuk memahami perbedaan antara red flag dan yellow flag. Pada akhirnya, red flag menunjukkan alasan untuk berhenti atau mundur dari suatu hubungan, sementara yellow flag tidak terlalu parah dan sebagai gantinya memperingatkan kita untuk tenang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seringkali yellow flag bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pribadi kita dalam suatu hubungan, sementara red flag lebih bersifat universal.

“Misalnya, yellow flag cenderung untuk menandakan masalah kesulitan dengan komunikasi emosional yang disadari dan dilakukan oleh orang tersebut,” kata Walsh.

Red flag mengarah pada seseorang dengan riwayat kekerasan dalam rumah tangga, perselingkuhan kronis, atau penyalahgunaan zat adiktif.”

Baca juga: Waspada, Pasangan Kecanduan Narkoba Bisa Bikin Hubungan Toksik

10 red flag yang perlu diwaspadai

Jika pasangan kita menunjukkan salah satu tanda bahaya berikut, inilah saatnya untuk berbicara dengan diri sendiri, dan dia, tentang kelanjutan untuk hubungan ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.