Kompas.com - 06/09/2021, 14:30 WIB
Ilustrasi rapat online shutterstockIlustrasi rapat online
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak rutinitas saat ini dilakukan secara online, dari belajar mengajar hingga rapat kantor. Ini adalah hal yang lazim kita lakukan sejak hampir dua tahun lalu.

Saat platform konferensi video seperti Zoom dan Google Meet banyak dipakai sejak awal pandemi, lahir juga etika atau aturan baru terkait penggunaan aplikasi virtual.

"Ini (panggilan video) adalah cara baru untuk berkomunikasi, jadi berikan perhatian ekstra dan kesabaran jika ada kendala teknis," ujar Karen Donaldson, pakar etiket, pakar komunikasi, dan bahasa tubuh.

Setelah lebih dari satu tahun kita mengikuti meeting secara virtual, sudah seharusnya kita memahami etiket dasar ketika menggunakan aplikasi tersebut.

Meski demikian, masih ada juga yang sampai sekarang belum paham soal etika dan aturan saat melakukan virtual meeting. Untuk menyegarkan kembali, simak penjelasan berikut:

1. Melakukan panggilan video hanya saat diperlukan

Aturan pertama, tidak semua momen harus dilakukan lewat panggilan video.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita sering menghubungi melalui video call, namun dalam beberapa kasus telepon akan lebih sederhana, lebih efektif, dan menghemat waktu," kata Lew Bayer, CEO Civility Experts.

Jika tidak ada alasan kuat kita harus melihat wajah seseorang, tidak perlu melakukan panggilan video.

2. Menyeleksi orang yang diundang

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.