Kompas.com - 21/04/2021, 18:59 WIB
Ilustrasi bejalan kaki shutterstockIlustrasi bejalan kaki
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Rasanya hampir semua orang yang bekerja dari rumah atau work from home (WFH) saat ini jenuh mengikuti rapat secara virtual.

Para pekerja kelelahan akibat keseringan menatap layar komputer sembari melakukan rapat via Zoom.

Pada Februari 2021, menurut laporan analisis dari Microsoft, karyawan menghabiskan waktu 2,5 kali lebih banyak untuk mengikuti rapat virtual.

Tentunya, di saat rapat virtual, kita cenderung duduk dalam waktu lama dan tidak terlalu banyak bergerak. Padahal, terlalu lama duduk tidak baik bagi kesehatan kita.

Jika urusannya terkait pekerjaan, kita tidak mungkin untuk meninggalkan rapat. Namun setidaknya ada satu solusi untuk mengubah suasana, yakni dengan walking meeting.

Sederhananya, walking meeting adalah mengikuti rapat namun kita aktif berjalan kaki.

Sebuah penelitian yang dimuat ke dalam jurnal Preventing Chronic Disease mengungkap, berjalan kaki merupakan cara positif yang bisa dilakukan untuk melawan efek duduk seharian.

Studi itu dilakukan oleh para peneliti di University of Miami pada tahun 2016.

Dari studi tersebut, ditemukan bahwa mengganti satu rapat rutin per minggu dengan walking meeting meningkatkan jumlah aktivitas fisik intensitas tinggi sebesar 10 menit dalam seminggu.

Oleh karena itulah, walking meeting bisa berdampak positif pada kesehatan pekerja.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X