Kompas.com - 10/09/2021, 14:15 WIB
Ilustrasi anak ShutterstockIlustrasi anak
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Penderita bibir sumbing, terutama anak-anak, tak jarang mendapatkan perlakukan berbeda atau bullying ketika berusaha berbaur bersama teman-teman sebayanya.

Dan tidak hanya itu, terkadang keluarga dekat sendiri, seperti saudara atau orangtua juga melakukan hal yang sama dan menganggap bahwa anak dengan bibir sumbing itu memalukan atau aib.

Perlakuan berbeda ini dapat membuat kesehatan mental anak terganggu dan merasa tidak dicintai.

Dampaknya pun bisa berbagai macam, mulai dari minder, mogok sekolah, hingga depresi dan menimbulkan keinginan untuk bunuh diri.

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan mental anak penderita bibir sumbing?

Menurut Hanlie Muliani, psikolog klinis dari Sahabat Orangtua dan Anak Parenting & Education Support Center, hal pertama yang harus dilakukan orangtua adalah mendukung anak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Orangtua tidak ikut merundung, menyingkirkan, atau diumpet-umpetin gitu anaknya agar anak merasa ia dicintai,” ujar Hanlie dalam webinar "Stop Bullying Bibir Sumbing- Lindungi Kesehatan Mental Mereka" yang digelar oleh Smile Train pada Jumat (10/9/2021).

Hanlie berpendapat bahwa dengan menerima, mendampingi anak dan tidak menganggapnya memalukan saja, sudah memberi kekuatan dalam diri anak.

Hasilnya, anak akan lebih percaya diri meski orang-orang di sekitarnya menganggapnya dengan sebelah mata.

Orangtua pun harus berusaha menanamkan semangat pada anak dengan mengatakan bahwa meski berbeda, bibir sumbing bukan penghalang anak untuk berprestasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.