Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/09/2021, 09:40 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber TIME

KOMPAS.com - Ilmuwan Indonesia, Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc, MPH, Ph.D masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh 2021 versi majalah Time.

Namanya bersanding dengan sejumlah orang penting dunia lainnya termasuk Presiden AS, Joe Biden, CEO Tesla, Elon Musk dan CEO Apple, Tim Cook.

Wanita yang juga akademisi Unversitas Gadjah Mada ini masuk dalam kategori pionir, bersama dengan Billie Eilish dan Sunisa Lee.

Selain itu, Adi juga merupakan satu-satunya orang Indonesia yang berhasil masuk dalam daftar bergengsi ini.

Hal yang juga membanggakan, ulasan tentang dirinya di Majalah Time ditulis langsung oleh Melinda Gates, salah satu wanita terkaya di dunia yang juga aktif dalam kegiatan filantropi.

Dalam esainya soal sosok akademisi Fakultas Kedokteran UGM ini, Melinda menulis tentang prestasi Adi dalam mengatasi penyakit demam berdarah.

Demam berdarah sampai saat ini masih menjadi masalah global bagi dunia kesehatan. Tingkat penularannya masih tergolong tinggi, dibandingkan penyakit lainnya.

Demam berdarah mempengaruhi hampir 400 juta orang setiap tahunnya sehingga disebut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai satu dari 10 ancaman terbesar bagi kesehatan masyarakat dunia.

Namun, Adi berhasil memberikan terobosan hebat dalam dunia sains dan kesehatan lewat penelitiannya bersama World Mosquito Program.

Ia menginokulasi nyamuk dengan Wolbachia, bakteri yang tidak berbahaya bagi manusia tetapi mampu mencegah nyamuk menularkan demam berdarah melalui gigitannya.

"Sebuah studi terobosan yang dia bantu pimpin adalah yang pertama membuktikan teknik ini berhasil menurunkan tingkat penyakit di lingkungan masyarakat," tulis Melinda dalam esai singkatnya, dikutip dari Time.

Selain itu, Melinda juga memuji pendekatan Adi dalam meyakinkan masyarakat sekitarnya untuk melepaskan nyamuk di lingkungan tersebut sebagai bahan penelitiannya.

Hal ini membuktikan wanita berusia 56 tahun ini memiliki pengaruh dan kepercayaan yang cukup besar dari komunitas sekitarnya akan kemampuannya.

Hal yang kemudian memberikan dampak besar bukan hanya lingkungan terdekat namun juga masyarakat dunia.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TIME


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com