BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Prodia

5 Jenis Makanan yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 31/10/2021, 12:02 WIB

KOMPAS.com - Selain menghitung total kalori yang kita konsumsi setiap hari, memerhatikan kualitas kalori juga ternyata penting dalam proses untuk menurunkan berat badan.

Maka dari itu, berfokuslah pada makanan yang paling menguntungkan untuk kesuksesan diet jangka panjang.

Misalnya, camilan 200 kalori dari keripik kentang akan memengaruhi kita dengan sangat berbeda dibandingkan dengan camilan 200 kalori dari buah apel.

Baca juga: 3 Racikan Minuman untuk Metabolisme dan Turunkan Berat Badan

Meskipun memang tidak ada makanan ajaib yang dapat benar-benar menurunkan berat badan kita dengan cepat, namun beberapa makanan tetap dapat membantu menurunkan berat badan secara berkelanjutan.

Nah, berikut ini adalah sejumlah makanan yang dapat membantu kita menurunkan berat badan dalam jangka panjang jika dikonsumsi secara rutin.

1. Makanan berprotein tinggi

Protein telah mendapatkan reputasi besar dengan alasan yang bagus dalam hal penurunan berat badan karena memiliki efek termis tertinggi pada makanan.

Artinya, tubuh kita membutuhkan lebih banyak protein untuk membakar kalori jika dibandingkan dengan lemak dan karbohidrat.

Protein juga sangat mengenyangkan, sehingga butuh yang waktu lama untuk dicerna dan akhirnya membuat kita kenyang lebih lama.

Pilihlah protein tanpa lemak untuk menurunkan berat badan seperti dada ayam, ikan, putih telur, dan tahu.

Bagi kebanyakan orang, memulainya dengan ukuran sebesar telapak tangan adalah rencana awal yang baik untuk porsi protein.

2. Sayur-sayuran

Sayuran non-tepung adalah cara yang bagus untuk mengisi perut saat kita mencoba menurunkan berat badan. Jenis sayuran ini tinggi serat dan nutrisi serta rendah karbohidrat.

Baca juga: Menambahkan Lemon ke Dalam Kopi, Benarkah Mampu Turunkan Berat Badan?

Sayuran adalah makanan yang bagus karena sangat rendah kalori sekaligus dapat membantu meningkatkan volume makanan kita untuk mencegah rasa lapar yang terlalu cepat.

Pilihlah sayuran non-tepung dan usahakan untuk mengisi setengah piring saat kita makan.

Beberapa jenis sayuran yang baik untuk dikonsumsi, yakni sayuran hijau, wortel, kubis, brokoli, kembang kol, labu, jamur, dan masih banyak lagi.

3. Karbohidrat kompleks

Umumnya, karbohidrat kompleks memiliki lebih banyak serat daripada karbohidrat olahan. Apalagi, serat dalam karbohidrat kompleks dapat membuat kita kenyang lebih lama.

Sumber karbohidrat kompleks dapat ditemui dalam beberapa makanan seperti beras merah, biji-bijian, roti gandum, kacang-kacangan, quinoa, buah, dan lentil.

Jika kita memilih jenis karbohidrat ini, maka kita akan merasa kenyang lebih lama, memiliki energi yang tahan lama di antara waktu makan, dan membantu mengontrol porsi moderat saat makan.

Pertimbangkan juga menggunakan seperempat piring kita untuk karbohidrat kompleks.

4. Lemak yang sehat

Reputasi lemak telah mengalami sedikit perubahan dalam beberapa tahun terakhir. Lemak yang sehat baik bagi kita dan berkontribusi pada hampir setiap sel dalam tubuh.

Lemak dicerna secara perlahan dan dapat meningkatkan perasaan kenyang maupun puas saat makan.

Baca juga: Bukan Berat Badan atau Selulit, Ini 10 Tanda Tubuh yang Sehat

Sumber lemak yang menyehatkan, khususnya bagi jantung, dapat ditemukan dalam minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, serta lemak hewani dalam jumlah sedang seperti mentega, keju, dan daging merah.

Memilih lemak untuk menambah rasa dan kepuasan saat makan juga dapat berperan penting dalam perjalanan penurunan berat badan.

Kita dapat mengonsumsi 1-3 sendok makan lemak per makanan setiap harinya sebagai pedoman umum.

5. Minuman rendah kalori

Dari kopi hingga koktail, jumlah kalori yang bisa kita konsumsi dari minuman cukup mengejutkan.

Mengurangi cairan berkalori tinggi ini dalam diet kita adalah salah satu cara paling sederhana untuk mulai menurunkan berat badan.

Ganti kebiasaan minum soft drink dengan air putih biasa, ramuan kopi dengan latte sederhana, dan koktail malam dengan teh herbal.

Pertukaran sederhana ini akan membantu kita menuju penurunan berat badan secara berkelanjutan.


Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.