Kompas.com - 01/11/2021, 18:20 WIB
Memiliki tidur yang cukup dan berkualitas adalah salah satu cara memperkuat daya tahan tubuh. PEXELS/RON LACHMemiliki tidur yang cukup dan berkualitas adalah salah satu cara memperkuat daya tahan tubuh.

KOMPAS.com - Orang yang mempunyai masalah dengan berat badan kerap kali mencari cara agar berat badannya turun.

Salah satu cara yang biasa dilakukan adalah memperbanyak aktivitas fisik dan berolahraga agar kalori di dalam tubuh dapat terbakar.

Walau kerap disebut sebagai biang naiknya berat badan, ternyata keberadaan kalori dalam tubuh sangatlah dibutuhkan.

Sebab, kalori digunakan tubuh sebagai sumber energi saat beraktivitas.

Tapi, asupan kalori yang berlebihan juga tidak baik. Kelebihan kalori akan disimpan oleh tubuh sebagai jaringan lemak untuk nantinya digunakan sebagai cadangan energi.

Oleh sebab itu, tak heran bila banyak dokter, pakar, dan praktisi kesehatan mencari cara agar kelebihan kalori pada seseorang dapat terbakar dalam jumlah yang banyak.

Baca juga: Kalori Juga Terbakar Saat Tidur, Percaya?

Selain memperbanyak aktivitas fisik dan berolahraga, tahukah kamu bila cara membakar kalori juga dapat dilakukan saat tidur?

Pada kenyataannya memang tidur bisa membakar kalori. Alasannya, setiap jam tubuh selalu membakar 40 hingga 55 kalori. Namun, jumlah ini tergantung berat badan seseorang.

Bila ingin membakar kalori dalam jumlah banyak, kita memang sebaiknya berolahraga. Namun, seseorang dapat membakar ratusan kalori yang hampir setara dengan berolahraga hanya dengan tidur minimal selama tujuh jam.

Hal ini dikemukakan langsung oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.