Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Suhu Kulkas yang Ideal untuk Menjaga Makanan Tetap Awet

Kompas.com - 04/11/2021, 11:32 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengatur suhu kulkas dengan tepat sangat berperan penting dalam menjaga makanan tetap segar, lebih tahan lama, dan membantu mencegah bakteri berkembang biak.

Jika kita menemukan beberapa produk makanan seperti keju, es krim, sup mulai berbau tidak sedap atau sayuran mulai layu, mungkin kita perlu memeriksa kembali berapa suhu kulkas yang telah dipasang.

Jadi, berapa sebenarnya suhu teraman kulkas yang perlu kita atur untuk menjaga agar makanan, serta bahan-bahan lainnya tetap awet dan berada dalam kondisi yang baik?

Nah, melansir dari laman Reader's Digest (RD), suhu kulkas yang ideal adalah pada atau di bawah 4 derajat celcius dan suhu freezer harus minus 18 derajat celcius.

Sayangnya, kebanyakan kulkas dan freezer tidak dilengkapi dengan termometer bawaan, sehingga kita harus membeli termometer kulkas secara terpisah.

Baca juga: Cara Tepat Mengatur Suhu Kulkas

Dengan menemukan suhu kulkas yang optimal, kita dapat memastikan bahwa produk dan sisa makanan bertahan selama mungkin.

Hal ini juga menjadi salah satu cara termudah untuk mencegah penyakit bawaan makanan dari produk-produk hewani seperti daging, susu, atau telur.

Food and Drug Administration (FDA) pun mencatat, proses pembekuan makanan di dalam freezer, terutama pada daging, dapat memengaruhi kelembutan, rasa, aroma, sari-sari atau juiciness, dan warnanya.

"Apabila kita khawatir sisa makanan seperti daging rusak jika menyimpannya terlalu lama, kita bisa menambahkannya ke dalam sup sederhana atau dikombinasikan dengan makanan lainnya," terang editor makanan di RD, Peggy Woodward.

Baca juga: Makanan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Apa Saja?

Penyebab kulkas terlalu dingin

Sering kali, saat membuka kulkas kita menemukan banyak makanan sudah membeku dan banyak bunga es yang membutuhkan waktu lama untuk membersihkannya.

Hal ini biasanya terjadi karena kita tidak mengatur suhu kulkas dan freezer dengan benar atau semua suhunya diatur terlalu dingin.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab kulkas kita menjadi terlalu dingin.

• Pengaturan suhu

Periksa pengaturan suhu di kulkas kita. Suhu kulkas harus diatur antara 2 derajat celcius dan 4 derajat celcius untuk menjaga makanan tetap segar dan dingin tetapi tidak beku.

Beberapa merek kulkas biasanya memiliki suhu terdingin yakni 5 derajat celcius. Tetapi, jika kita tidak makanan kita membeku, coba turunkan suhu 4 derajat celcius saja sebagai yang paling ideal.

Baca juga: Kenali, 6 Tanda Kulkas Harus Diganti

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com