Kompas.com - 04/11/2021, 11:32 WIB

KOMPAS.com - Mengatur suhu kulkas dengan tepat sangat berperan penting dalam menjaga makanan tetap segar, lebih tahan lama, dan membantu mencegah bakteri berkembang biak.

Jika kita menemukan beberapa produk makanan seperti keju, es krim, sup mulai berbau tidak sedap atau sayuran mulai layu, mungkin kita perlu memeriksa kembali berapa suhu kulkas yang telah dipasang.

Jadi, berapa sebenarnya suhu teraman kulkas yang perlu kita atur untuk menjaga agar makanan, serta bahan-bahan lainnya tetap awet dan berada dalam kondisi yang baik?

Nah, melansir dari laman Reader's Digest (RD), suhu kulkas yang ideal adalah pada atau di bawah 4 derajat celcius dan suhu freezer harus minus 18 derajat celcius.

Sayangnya, kebanyakan kulkas dan freezer tidak dilengkapi dengan termometer bawaan, sehingga kita harus membeli termometer kulkas secara terpisah.

Baca juga: Cara Tepat Mengatur Suhu Kulkas

Dengan menemukan suhu kulkas yang optimal, kita dapat memastikan bahwa produk dan sisa makanan bertahan selama mungkin.

Hal ini juga menjadi salah satu cara termudah untuk mencegah penyakit bawaan makanan dari produk-produk hewani seperti daging, susu, atau telur.

Food and Drug Administration (FDA) pun mencatat, proses pembekuan makanan di dalam freezer, terutama pada daging, dapat memengaruhi kelembutan, rasa, aroma, sari-sari atau juiciness, dan warnanya.

"Apabila kita khawatir sisa makanan seperti daging rusak jika menyimpannya terlalu lama, kita bisa menambahkannya ke dalam sup sederhana atau dikombinasikan dengan makanan lainnya," terang editor makanan di RD, Peggy Woodward.

Baca juga: Makanan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Apa Saja?

Penyebab kulkas terlalu dingin

Sering kali, saat membuka kulkas kita menemukan banyak makanan sudah membeku dan banyak bunga es yang membutuhkan waktu lama untuk membersihkannya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.