Kompas.com - 12/11/2021, 13:19 WIB

KOMPAS.com - Melakukan latihan kardio atau aerobik tidak hanya dapat menurunkan berat badan, tetapi juga sangat bermanfaat untuk menjaga jantung tetap sehat dan kuat.

Sementara itu, pedoman tentang aktivitas fisik bagi orang dewasa saat ini merekomendasikan kita untuk melakukan setidaknya 150 menit latihan kardio dengan intensitas sedang, atau 75 menit latihan kardio intensitas kuat setiap minggu.

Itu juga setara dengan sekitar 30 menit latihan intensitas sedang atau 15 menit latihan intensitas kuat lima hari per minggu.

"Namun, bagi yang khawatir melakukan kardio karena ingin membentuk otot atau menambah massa, ada cara untuk mengeluarkan keringat tanpa mengecilkan otot."

Demikian penuturan dokter spesialis jantung di Cedars-Sinai Medical Center, Merije Chukumerije.

Chukumerije menyarankan kita untuk mencoba melakukan beberapa kardio intensitas rendah di awal latihan sebagai bagian dari pemanasan.

Baca juga: 5 Latihan Kardio yang Tidak Bikin Lutut Nyeri

"Dengan cara ini, kita tidak sepenuhnya merasa kelelahan dan masih memiliki energi yang tersisa di untuk mengangkat beban berat," kata Chukumerije.

Pentingnya kombinasi latihan kardio dan kekuatan

Memasukkan latihan kekuatan pada rutinitas olahraga kita memang baik. Tetapi, jangan menghindari latihan kardio sepenuhnya karena ini bisa berdampak negatif pada tubuh.

Sebagai contoh, sebuah studi pada Agustus 2012 di BMC Public Health menguji efek resistensi 12 minggu, latihan kardio atau kombinasi keduanya pada orang dengan kelebihan berat badan dan obesitas.

Tujuannya adalah untuk menentukan jenis olahraga yang memiliki manfaat kardiovaskular paling banyak.

Para peneliti akhirnya menemukan, melakukan kombinasi latihan kardio dan kekuatan memberikan manfaat terbesar untuk penurunan berat badan dan kebugaran kardiorespirasi, dibandingkan dengan latihan kardio atau kekuatan saja.

Selain itu, hanya berfokus pada latihan kekuatan juga dapat membuat kita berisiko mengalami cedera berlebihan. Terutama, jika kita melatih kelompok otot dan persendian yang sama setiap hari.

Dengan menggabungkan latihan kekuatan dan kardio intensitas rendah, kita dapat mengistirahatkan otot, serta membangun daya tahan kardiovaskular.

Daya tahan kardiovaskular sangat penting untuk meningkatkan kinerja olahraga, yang tidak dapat kita lakukan secara optimal jika hanya mengangkat beban saja.

Manfaat latihan kardio

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.